Pria ini akan menghilang ke gunung di saat fajar dan kembali ke rumah saat larut malam. Selama 22 tahun dia terus berusaha keras dan akhirnya berhasil menyelesaikan hal yang dianggap mustahil bagi banyak orang.

Banyak penduduk desa berpikir bahwa dia menjadi gila setelah istrinya meninggal. Dashrath Manjhi tinggal di sebuah desa kecil di Distrik Gaya, di Bihar, India. Desa terpencil ini terisolir dari dunia luar. Orang-orang harus berjalan sejauh 80 km (50 mil) ke kota terdekat melewati jalan alam, di sekitar gunung.

Dashrath telah hidup bahagia bersama istrinya. Tapi kebahagiaan mereka mulai hancur pada suatu hari ketika istrinya yang sedang hamil jatuh dari gunung. Dashrath menggendong istrinya yang berlumuran darah ke rumah sakit terdekat, yaitu sekitar 80 km (50 mil) namun istrinya meninggal dalam perjalanan. Dia dinyatakan sudah meninggal setibanya di rumah sakit namun melahirkan seorang bayi perempuan.

(Foto: Screenshot)

Sangat sulit baginya untuk menerima kenyataan bahwa dia telah kehilangan istri tercintanya, dan dia memutuskan untuk mengubah hal-hal di sekitarnya, untuk orang-orang lain di desanya.

Dia mengumpulkan alat-alat yang diperlukan dan setiap hari dia akan menghabiskan waktunya di gunung – setiap hari, terus selama 22 tahun.

Putra Dashrath menunjukkan perkakas ayahnya.

(Foto: Screenshot)

Dashrath bermaksud untuk membuat jalan yang lebih singkat ke kota terdekat dengan menggali sebuah jalan menembus gunung, sepotong demi sepotong setiap harinya. Dia ingin membantu sesama warga desa menghindari tragedi seperti yang telah dialaminya.

Selama masa ini, kekeringan melanda desa dan ayah Dashrath mengejeknya, ayahnya meminta dia supaya pindah ke kota untuk bekerja. Tapi “manusia gunung” ini terus melanjutkan usahanya bahkan ketika tidak ada air di desa. Dia harus minum air kotor dan makan dedaunan, namun dia terus melanjutkan kerjanya dengan ketahanan yang lebih besar lagi.

(Foto : Screenshot)

Hasil dari usaha yang belum pernah terjadi sebelumnya ini baru terlihat setelah dua dekade, yaitu setelah dia berhasil memahat jalan melewati gunung. Sebelum hasil usahanya terlihat, orang-orang hanya mengolok-olok dan menyebutnya gila!

(Foto :Youtube screenshot)

Ketekunan dan tekad Dashrath sangat luar biasa. Dia telah membuat jalan melewati gunung hanya dengan palu dan sekop, dan semua itu dilakukannya seorang diri. Sekarang, bukan lagi 80 km, jarak ke kota terdekat hanya 4 km (2,5 mil). Orang-orang bisa melakukan perjalanan ke kota hanya dalam satu jam.

(Foto : Screenshot)

Hasil usaha orang gila ini telah mengubah kehidupan penduduk desa. Anak-anak dapat pergi ke sekolah, orang dewasa dapat menemukan pekerjaan yang lebih baik, dan orang sakit dapat mencapai dokter tepat waktu.(NTD.TV/Julius/Yant)

(Foto : Screenshot)

Share

Video Popular