Seni Tembikar untuk Menenangkan Pikiran

42

Ada sesuatu yang ajaib dalam gerakan memutar dari bahan yang sedang dibentuk menjadi karya seni. Salah satunya seni tembikar. Seni ini memiliki efek menenangkan – Hal itu mensinergikan pikiran dan tubuh, dan membutuhkan fokus yang tinggi, dan pada saat yang sama memberikan Anda kesempatan untuk membebaskan kreativitas Anda. Ini adalah kondisi yang sempurna untuk mencapai keadaan “mengalir,” yang oleh banyak psikolog dianggap sebagai salah satu keadaan yang paling menyenangkan dari pikiran.

Kita dapat mengagumi karya salah satu pembuat tembikar terbaik dan telah disertifikasi sebagai “Master of Traditional Craftsman” – Mr.Shimizu Genji (Hokujo) di ateliernya di Tokoname, dimana dia telah menciptakan teko-teko Tokoname yang terkenal. Bahkan hanya menonton proses pembuatan tembikarnya saja sudah memiliki efek menenangkan:

Membuat tembikar memiliki lebih banyak manfaat daripada sekedar menenangkan pikiran. Kegiatan ini benar-benar mempunyai manfaat:

Ini adalah kegiatan kreatif. Memberikan Anda jalur kreatif untuk mengekspresikan diri. Melalui seni seseorang dapat melepaskan semua yang ada di dalam dirinya, yang mana sangat bersifat terapeutik. Ini memberi Anda kesempatan untuk belajar tentang diri Anda sendiri lewat proses tersebut.

Meningkatkan fokus. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, membuat tembikar membutuhkan fokus yang kuat, yang memungkinkan Anda untuk melarikan diri dari semua kekhawatiran dari kehidupan sehari-hari dan hanya fokus di satu aktivitas itu. Hal ini juga dapat disebut sebagai keadaan pikiran yang penuh dan hal ini juga diakui oleh para ilmuwan memberi manfaat bagi kesehatan setiap orang.

Mengurangi stres . Hasil sampingan dari fokus yang meningkat dan keadaan “mengalir” adalah tingkat stres yang turun. Gangguan dari luar berkurang dan tidak akan lagi membuat Anda stres.

Meningkatkan keterampilan motorik halus . Membuat tembikar dapat meningkatkan keterampilan motorik dengan menggerakkan otot-otot lengan dan tangan. Juga, keterampilan motorik halus akan menjadi semakin baik karena bekerja dengan tanah liat membutuhkan koordinasi dari tangan-mata. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang terganggu oleh arthritis karena perlu melatih gerakan sendi dan ketangkasan.

Berpotensi menjadi artefak . Banyak dari temuan arkeologis adalah barang tembikar, karena sifat pengawetan yang baik dari tanah liat. Ini berarti karya seni Anda bisa bertahan selamanya dan bahkan bisa menjadi pembawa pesan untuk peradaban masa depan! Jika Anda tidak percaya pada hal-hal seperti itu, maka setidaknya hasil karya Anda akan tinggal di rumah sehingga Anda bisa menunjukkannya kepada teman-teman ketika mereka berkunjung. karya seni Anda juga dapat menjadi hadiah yang fantastis untuk berbagai kesempatan.(NTD.TV/Julius/Yant)