Taman bunga terbesar di dunia ternyata bukan berada di Paris, negeri yang dijuluki sebagai “kota bunga dunia”, tapi di tengah padang pasir di Dubai, Uni Emirat Arab.

Mungkin banyak yang tak menyangka taman bunga terbesar ternyata terletak di tengah gurun pasir. Taman bunga yang bernama Dubai Miracle Garden ini terdiri dari jutaan bunga super indah dari seluruh dunia, sehingga menarik banyak kunjungan wisatawan.

Dubai Miracle Garden dibuka secara resmi pada hari Valentine 2013. Tahap pertama area taman sekitar 21.000 kaki persegi (1.951 meter persegi). Setelah taman tersebut dibangun, total luas areanya sekarang sekitar 2 juta kaki persegi (185.806 meter persegi), dan 150 juta kuntum bunga dari seluruh dunia.

Dubai Miracle Garden adalah sebuah taman bertema bunga, lanskap di dalam taman mengambil beragam tema bunga yang berbeda, seperti  Castle, merak, pesawat, kincir angin, mobil dan sebagainya, serta miniatur gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa.

Lanskap bertema benteng di taman bunga Dubai. (video screenshot)
Burung merak. (video screenshot)

Pesawat A380 yang terbuat dari bunga di Dubai Miracle Garden, merupakan lanskap bunga terbesar di dunia, mendapatkan penghargaan dari Guinness of Record sebagai taman bunga terindah dan terbesar di dunia.

Pesawat bunga ini panjangnya 230 kaki (70 m), sementara kerangkanya terbuat dari bahan daur ulang, total menggunakan lebih dari 500.000 kuntum bunga untuk menghiasinya.

Sebagin besar lanskap di Dubai Miracle Garden akan tetap tidak berubah setiap tahun. Taman ini memiliki setidaknya 45 jenis bunga dari seluruh penjuru dunia, diantaranya banyak yang sangat langka di Timur Tengah, dan sulit untuk tumbuh, misalnya marigold, geranium, petunia dan sebagainya.

Agar sebagian besar bunga bisa tumbuh dengan subur, taman ini menggunakan sistem irigasi yang cukup unik dan mengesankan karena mendaur ulang air sebanyak 200.000 galon (757,082 liter) untuk menyiram bunga.

Sistem irigasi yang digunakan juga memungkinkan untuk menghindari terjadinya penguapan air. Kawasan Timur Tengah yang sangat langka sumber airnya ini memiliki keunikannya yang mengesankan dengan sistem irigasi dan daur ulang airnya.

Selengkapnya saksikan videonya berikut ini.

 

 

Share

Video Popular