Warga Jakarta, Ayo Salurkan Aspirasi untuk Memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Anda

279

JAKARTA – Warga DKI Jakarta  akan memasuki hari libur  saat pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta pada Rabu 19 April 2017 mendatang bertepatan hari pencoblosan Pilkada DKI Jakarta. Waktu pencoblosan akan digelar mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB pada masing-masing TPS.

Kedua pasangan calon yakni Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat bersama Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan ditentukan sebagai peraih simpati warga Jakarta. Sebagaimana diketahui Pemilu putaran kedua paslon Basuki-Djarot pada nomor urut dua dan Anies-Sandi tetap di nomor urut tiga.

Ketua KPUD Jakarta, Sumarno sudah mengirimkan surat edaran kepada seluruh penyelenggara pemilu di berbagai tingkat daerah Jakarta. Antara lain, KPUD DKI Jakarta meningatkan kepada seluruh KPPS harus menjaga integritas, netralitas, profesionalitas serta kode etik penyelenggaraan pemilu.

Saat pembuatan TPS diminta untuk memperhatikan kemudahan pemilih untuk mengakses untuk memilih. Khususnya bagi pemilih lanjut usia, disabilitas dan wanita hamil. KPPS juga diminta untuk menghitung surat suara di hadapan pemilih, saksi dan pengawas pemilu. KPPS juga diminta melarang pemilih membawa kamera atau handphone berkamera saat memasuki TPS.

Saat di TPS, KPPS juga harus memastikan adanya surat saksi pasangan calon menyerahkan surat mandat yang ditandatangani oleh Tim Kampanye Tingkat Provinsi, paling lambat saat saksi hadir di TPS pada hari pencoblosan.

Soal pelayanan antrian pemilih, KPUD menyampaikan bahwa 15 menit sebelum jam 12.00 WIB KPPS untuk menghitung surat suara yang masih tersedia di TPS. KPPS juga diminta melayani semua pemilih yang masih berada di TPS hingga pukul 13.00 WIB.

Sedangkan hak pemilih yang sedang mengantri hingga pukul 13.00 WIB harus tetap dilayani sampai selesai meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Sementara bagi pemilih yang datang ke TPS setelah melewati waktu 13.00 WIB, tak dapat dilayani sebagai pemilih dengan alasan apapun. (asr)