Etika Makan yang Anda Harus Tahu Jika Mengunjungi Negara-negara Ini

463

Etika makan kadangkala berbeda antara satu negara dengan negara yang lain. Ada suatu etika yang sama sekali tidak ada di satu negara mungkin adalah suatu kebiasaan di negara lain.

Contohnya, makan menggunakan tangan. Itu normal di Indonesia, Malaysia atau India, tapi tidak dengan Eropa. Hal ini membuktikan bahwa semua daerah punya perbedaan.

Namun, jangan biarkan hal itu menjadi penghalang bagi Anda untuk pergi dan melihat dunia!

Berikut kami ulas beberapa etika makan di beberapa negara berbeda, yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda, jika suatu hari pergi ke negara-negara tersebut.

1. Tiongkok dan Hong Kong: Jangan balik ikan yang Anda makan
Di Tiongkok, membalikkan ikan setelah memakan habis bagian sebelahnya dianggap mendatangkan nasib buruk. Hal ini banyak dipraktekkan di Tiongkok dan Hong Kong. Mereka yang meyakini hal ini kadangkala tidak memakan sedikitpun bagian bawah ikan di piringnya.

2. Jepang: Jangan tusukkan sumpit ke dalam nasi dalam posisi tegak
Jangan pernah menusukkan sumpit ke dalam nasi dalam posisi tegak, karena hal itu hanya dilakukan dalam upacara pemakaman saja.

3. Timur Tengah, India dan beberapa negara di Afrika: Jangan makan dengan tangan kiri

Man eating biryani.

Ini bukan karena menggunakan tangan kiri dianggap sebagai suatu pembawa sial. Namun hanya karena makan dengan menggunakan tangan kiri dianggap sebagai sesuatu yang kotor.

4. Thailand: Jangan masukkan makanan ke dalam mulut dengan menggunakan garpu

Jika Anda makan nasi, gunakanlah sendok dan bukan garpu. Kecuali jika Anda makan makanan khas Thailand Utara yang harus menggunakan tangan, atau makan makanan lain yang bukan nasi.

5. Brazil: Penggunaan token
Di restoran-restoran yang menghidangkan steak di Brazil, mereka akan menghidangkan steak tanpa henti.

Para pelanggan akan diberikan token, dan sekiranya Anda ingin memakan makanan yang dihidangkan, Anda harus menunjukkan bagian token yang berwarna hijau. Tetapi kalau Anda sudah tidak mau makan lagi, Anda harus membalikkan token tersebut.

6. Timur Tengah: Kocok cangkir Anda jika sudah selesai minum kopi
Sebelum Anda mengembalikan cangkir kopi kepada pelayan, kocok dahulu cangkir kopi Anda dua atau tiga kali. Jika tidak, pelayan akan mengisi ulang kopi itu untuk Anda.

7. Chili: Jangan makan menggunakan tangan

French fries on a fork

Jangan makan menggunakan tangan di Chili! Sekalipun yang Anda makan adalah kentang goreng. Gunakanlah garpu atau pisau untuk makan di sana.

8. Italia: Jangan meminta parmesan di atas pizza

TORONTO, ON – MAY 31: Parmesan cheese is used as Chef Danny Mcallum shows Star reporter Corey Mintz his caesar salad recipe. (Bernard Weil/Toronto Star via Getty Images)

Di Italia jika Anda meminta keju parmesan di atas pizza, atau makanan apa pun yang bukan seharusnya diberi parmesan di atasnya, Anda akan dianggap biadab. Anda akan dianggap sedang menghina tukang masak yang memasak makanan untuk Anda tersebut.

9. Perancis: Jangan memulai aktivitas makan Anda dengan roti

Di Perancis, mereka tidak makan roti sebagai makanan pembuka. Roti hanya dijadikan sebagai makanan sampingan saja.

10. Meksiko: Jangan makan tacos menggunakan garpu dan pisau

Jika suatu hari Anda pergi ke Meksiko, Anda boleh menikmati tacos dengan menggunakan tangan. Barulah Anda betul-betul menikmati pengalaman makan yang sesungguhnya di Meksiko!

11. Italia: Minum capucino hanya pada waktu pagi saja

Hal ini karena orang-orang disana percaya bahwa minum capucino setelah lewat pagi hari bisa menyebabkan sakit perut. Jadi, Anda tidak akan melihat orang Itali minum capucino di waktu siang ataupun malam. (Erabaru.my/Julius/Yant)