Penemuan mumi bukan hal yang aneh kita tetapi penemuan ini menjadi sangat aneh karena sepatu yang dipakainya tidak membusuk dan masih tampak seperti baru.

Tahu lalu seperti ditulis Siberian Times, para arkeolog yang meneliti sebuah daerah di pegunungan Mongolia terkejut karena sepatu berwarna merah itu terlihat seperti desain sepatu Adidas.

Berdasrkan hasil penelitian terungkap, “Tinggi sepatu itu mencapai hingga ke lutut, telapak kakinya terbuat dari kulit dan jalur jahitan berwarna merah terang,” kata Galdabrakh Enkhbat, Direktur Pusat Warisan Budaya Mongolia ditulis Ancient Origins.

Setelah diungkapkan penemuan ini kepada masyarakat, banyak asumsi sepatu itu adalah sepatu Adidas, yang memiliki tiga garis dan terkenal seluruh dunia.

Mumi ini ternyata berbeda dari penemuan mumi yang lain karena gaya penampilannya modern meskipun usianya lebih 1000 tahun.

Hal ini menarik perhatian para ahli arkelogi untuk mendalami penelitian terhadapnya. Sejauh ini, hasil penelitian menemukan, mumi ini adalah berjenis kelamin wanita ketika zaman abad ke-10 dan ditemukan di pegunungan Altai, Monggolia.

Selain itu, kepalanya juga terluka namun tidak ditemukan apakah itu penyebab kematiannya.

(The Mongolian Observer)

Pemeriksaan yang cermat masih dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab kematian ‘wanita mumi’ yang dikatakan meninggal dunia ketika berusia 30 sampai 40 tahun.

Meskipun ada pendapat mengatakan mumi ini dari kalangan biasa, namun ada juga mengatakan mumi ini dari golongan elit.

(The Mongolian Observer)
(The Mongolian Observer)

Hal ini dikarenakan, dia dikubur dengan memakai sepatu yang cantik melambangkan statusnya yang lebih tinggi.

Selain itu, beberapa alat menjahit, tas tangan dan sebilah pisau yang masih mengkilat turut ditemukan pada mumi tersebut.

(The Mongolian Observer)
(The Mongolian Observer)

Nampak gayanya, mungkin mumi ini seorang model ketika zamannya dahulu dan mungkin ide sepatu modern sudah ada 1000 tahun yang lalu. Jika anda masih penasaran, mumi ini dipamerkan di Museum Nasional Mongolia. (Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular