7 Tips untuk Mengurai Kelelahan Pasca Begadang

33
begadang

Karena untuk belajar, tekanan kerja, dan kebutuhan membangun usaha, banyak orang terpaksa terjaga sampai larut malam bahkan terkadang begadang hingga pagi hari, dan keesokan harinya tidak bisa “langsung tidur”. Hal ini bisa menyebabkan kelelahan kronis. Bagaimana bisa membuat diri kita pulih dengan cepat setelah begadang semalaman dan kembali normal?

1. Hindari gula dan padi-padian

Gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bisa mensuplai energi dengan cepat, ini pasti adalah benda yang ingin Anda makan setelah begadang semalam suntuk, mengantuk membuat Anda semakin menghendaki makanan jenis ini. Namun pakar kesehatan alami Josh Axe menunjukkan bahwa mengonsumsi gula dan padi-padian akan menyebabkan gula darah melonjak tinggi yang dapat membuat perasaan Anda setelah begadang semakin parah.

Profesor ilmu gizi Dr. Nathan Shier dari Universitas Indiana,  Amerika Serikat,  mengatakan bahwa mengonsumsi makanan karbohidrat tinggi juga bisa membuat tubuh melepaskan sejumlah besar serotonin, terlalu banyak hormon ini akan membuat orang mengantuk. Apalagi setelah begadang lalu melanjutkan belajar, Anda harus menghindari penyerapan makanan berkarbohidrat tinggi, agar tidak tertidur di atas keyboard.

Demi mempertahankan kebugaran tubuh, Anda bisa beralih mengonsumsi makanan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat: Makanan yang kaya akan protein seperti daging, keju dan telur bisa meningkatkan metabolisme, gula yang terkandung dalam buah-buahan dapat merangsang sistem saraf pusat. Selain itu, harus tetap menjaga kesadaran, lebih baik makan sedikit namun beberapa kali, jangan hanya sekali makan tapi terlalu kenyang.

2. Menambah vitamin B

Ketika begadang, tubuh akan kehilangan lebih banyak vitamin B dari biasanya, diantaranya termasuk B12 yakni salah satu sumber utama stamina tubuh. Kehilangan B12 bukan hanya membuat orang merasa kelelahan, juga bisa menyebabkan terganggunya fungsi kognitif, perasaan depresi dan lainnya.

Makanan yang kaya akan vitamin B12 termasuk hati sapi, ikan sarden, ikan tuna, ikan salmon, udang, kepiting dan kerang-kerangan, jika Anda adalah vegetarian non-ketat, dari makanan berupa telur, produk susu dan fermented tofu (seperti dadih fermentasi kedelai, miso, natto dan lain-lain) juga bisa mendapatkan vitamin B12 yang cukup. Dr. Axe terutama menganjurkan makan daging sapi dan cottage cheese.

3. Makan ginseng

Kortisol adalah hormon steroid yang disekresikan oleh kelenjar adrenal, bisa membantu manusia bangun pagi. Tingkat kortisol te-rendah adalah pada tengah malam, setelah begadang, peningkatan kortisol akan membuat tubuh merasakan tekanan dan merangsang naiknya tekanan darah, menimbulkan kecemasan, gejolak perasaan, kelelahan kronis, berat badan bertambah, juga bisa menurunkan daya tahan tubuh dan menyebabkan fl u.

Herbal yang bisa mengatur kadar kortisol secara alami termasuk ginseng, St Basil, Ashwagandha, astragalus, akar licorice, Rhodiola, Cordyceps, namun yang paling digemari dan paling efektif adalah ginseng. Ginseng bisa memperbaiki fungsi otak dan meningkatkan efi siensi.

4. Makan minyak kelapa

Mengasup lemak tidak sehat, mungkin dapat membuat pusing dan lamban, sedangkan rantai menengah asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa bisa langsung dikirimkan ke liver, yang akan segera diubah menjadi energi, bukan disimpan menjadi lemak. Anda bisa menggunakan minyak kelapa dalam masakan, ditambahkan gula batu atau dipadu dengan madu asli dan biji chia menjadi satu gelas minuman berenergi.

5. Memperpanjang waktu tidur siang

Tak peduli menambah dengan makanan seperti apa pun, cara menambal rasa mengantuk setelah begadang yang terbaik mungkin adalah tidur. Waktu tidur siang diperpanjang akan secara efektif menyegarkan otak, membantu Anda melewati satu hari yang baru. Demi menyelesaikan siklus tidur secara utuh maka Anda membutuhkan waktu tidur 1½ hingga 2 jam, dengan demikian baru bisa tidak lebih lelah setelah bangun tidur. Namun, harus bangun tidur sebelum jam 3 sore, jika tidak, pada malam harinya mungkin Anda sulit untuk tidur.

6. Olahraga ringan

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan bisa membantu meningkatkan neuroplastisitas. 20 menit latihan akan membantu meningkatkan daya ingat belajar otak besar, meningkatkan kemampuan otak untuk melaksanakan (perencanaan, pengorganisasian, kemampuan multi-tasking dan sebagainya), merangsang pemikiran kreatif dan dengan demikian meningkatkan efi siensi.

Saat berolahraga, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa disaat itu seharusnya tetap tersadar mempertahankan fokus dan bukan saatnya terlarut dalam “mimpi indah”.

7. Bermeditasi

Setelah begadang, jika akan mempertahankan tetap terjaga, bisa coba tariklah nafas dalam-dalam agar otak yang bergejolak bisa menjadi tenang. Yang terbaik adalah melakukan meditasi. Beberapa tahun terakhir ada sejumlah studi dan eksperimen fisiologis menunjukkan bahwa berlatih meditasi bisa secara signifikan mengurangi waktu tidur yang dibutuhkan oleh manusia.

Bersamaan itu, kebiasaan tidur yang buruk umumnya berhubungan dengan tekanan yang terlalu besar, bernapas dalam-dalam, yoga, meditasi semuanya bisa membantu untuk menenangkan emosi, menghilangkan rasa takut dan kecemasan serta meredakan tekanan psikologis.

Ringkasan

Dilihat dari sudut pandang kesehatan, terus-menerus atau sering begadang tentu bukan ide yang bagus (Baca Penjelasan ilmu Pengobatan Tradisional Tiongkok: Tidur Terlelap pada 23.00 – 03.00 Bermanfaat untuk Kesehatan Organ, edisi 498).

Jika keesokan harinya Anda tidak ada waktu untuk tidur siang, atau belakangan baru saja begadang maka yang terbaik adalah jangan tidur terlalu malam, disamping itu, waktu yang Anda perjuangkan belum tentu bisa mencapai hasil yang Anda inginkan.

Agar tidak menjadikan begadang sebagai suatu kebiasaan maka Anda membutuhkan selekasnya penyesuaian jadwal istirahat. Untuk itu, keesokan hari setelah begadang, jangan segera tidur setelah selesai pekerjaan atau belajar, sebisanya mencoba untuk tetap terjaga sebelum waktu untuk tidur. Mungkin sampai waktu jam makan malam Anda sudah tidak tahan lagi; atau mungkin Anda sudah terbiasa begadang, setiap hari jika tidak sampai subuh jam dua Anda tidak bisa tidur, namun Anda masih tetap harus mencoba untuk menyesuaikan, semakin cepat semakin baik. (NTDTV/Lin/Yant)