Ini Dia Anjing yang Bisa Mengemudi, ‘Siswa Pertama’ dari Sekolah Mengemudi yang Lulus

331

Bagi mereka yang suka memelihara anjing tahu, anjing adalah binatang yang sangat cerdas, mampu melakukan banyak gerakan yang sulit. Tapi pernahkah terlintas dalam benak anda anjing bahkan juga bisa menyetir mobil.

Anjing juga belajar mengemudi? (Video screenshot)

Menurut statistic dari The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals bahwa ada sekitar 2 juta ekor anjing di dunia masuk penampungan setiap tahun.

Tapi tidak banyak dari anjing ini diadopsi, karena itu sebuah tempat penampungan anjing di Oakland, California, memutuskan membuat sebuah iklan untuk anjing di penampungannya. Melatih mereka mengemudi, supaya orang-orang bisa lebih lanjut memperhatikan IQ mereka.

Untuk membuktikan bahwa anjing tersebut cerdas dan patuh seperti anjing peliharaan, seorang pelatih menemukan cara untuk mengajarkan beberapa trik, yaitu mengoperasikan Countryman mini khusus.

Meskipun anjing tersebut “piawai” mengemudi, tentunya mobil yang digunakan juga telah mendapatkan beberapa penyesuaian. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian anatomi tubuh anjing, seperti posisi pedal gas, rem dan tuas perseneling.

Mereka menciptakan kendaraan khusus bagi para anjing. (video screenshot)

Semuanya telah siap, “sekolah mengemudi khusus anjing” akan segera dibuka. Anjing bernam Giny, Monthy  dan Porter menjadi siswa pertama di “sekolah mengemudi”.

“Sekolah Mengemudi” mendatangkan siswa pertama mereka. (video screenshot).

Awalnya, mereka hanya diberi sebuah gerobak yang dimodifikasi dengan roda kemudi dan kontrol terpisah untuk pergeseran, pengereman dan akselerasi. Setelah berhasil mengendalikan gerobak itu, kemudian diberi kesempatan untuk mengemudi pada sebuah simulasi digital.

Mereka diberi sebuah gerobak yang dmodifikasi agar bisa akrab dulu dengan struktur kendaraan. (video screenshot)

Mereka juga mendatangkan empat pelatih profesional untuk melatih keterampilan anjing mengendarai mobil.

Mereka tampak fokus saat mengemudi. (video screenshot)

Porter menjadi anjing pertama dari sekolah mengemudi yang sukses memperlihatkan kemampuan menyetirnya untuk berjalan lurus, berbelok dan memutar di sirkuit.

Porter, anjing pertama di dunia yang mampu mengendarai mobil. (video screenshot)

“Anda tidak akan percaya setiap anjing bisa belajar untuk mengendarai mobil sendiri, dan kami juga telah membuktikan melalui pemahaman kami tentang psikologi hewan dan metode pelatihan khusus kami yang membuat makhluk cerdas dapat beradaptasi dengan situasi mereka,” kata pertugas di tempat penampungan hewan.

Awalnya, ide nyentrik dari SPCA ini bertujuan untuk menarik minat para pecinta hewan. Dikatakan, penyayang binatang diharapkan lebih tertarik untuk mengadopsi anjing-anjing malang tersebut, ketimbang membelinya di toko hewan. (jhoni/rp)