Satu Botol Coke yang Masih Utuh Dapat Menyelamatkan Nyawa Anda

432

Pada awal musim panas, sebotol coke (coca-cola) dingin dapat menghilangkan dahaga anda seketika setelah mandi keringat saking panasnya. Tapi Anda mungkin belum pernah dengar rumor ini, “Sebotol coke dapat memadamkan api!”

Baru-baru ini, sepotong film dari luar negeri lagi “booming”. Dalam video terkait, petugas pemadam kebakaran bisa dengan mudahnya memadamkan kobaran api hanya dengan sebotol Coke. Netizen yang melihatnya pun tercengang dan berdecak kagum, itu tak lebih hanya coca cola biasa, mungkinkah tersembunyi pemadam ajaib di dalamnya ?

Dan dalam kehidupan nyata, memang benar-benar pernah terjadi peristiwa kebakaran yang kobaran apinya dimatikan dengan Coca-cola.

Demi membuktikan keajaiban coca-cola, petugas pemadam kebakaran bahkan membuat eksprimen di lapangan.

Persiapan di lokasi percobaan.
Percobaan memadamkan api dari tumpukan kertas koran dengan coca-cala.
Percobaan memadamakan kobaran api dengan coca-cola.

Melalui percobaan yang dilakukan, ditemukan bahwa coca cola memang bisa memadamkan dalam waktu relatif singkat.

Karena coca-cola diguncang dengan keras, sehingga meningkatkan tekanan dalam botol, saat demikian gas dari minuman yang disemprotkan dengan kecepatan tinggi ini akan menjadi busa, yang efektif dalam mencegah pembakaran, minuman itu sendiri adalah air, tapi ternyata efektif juga memadamkan api secara darurat. Tidak hanya coca-cola, minuman berkarbonat juga bisa memberi efek seperti itu.

Untuk keadaan darurat seperti memadamakan kebakaran kecil, bisa menggunakan sedikit coca-cola. Tapi petugas pemadam kebakaran mengingatkan masyarakat, bahwa meskipun secara ilmiah coca-cola dapat memadamkan api, namun, diingatkan jangan secara membabi buta melebih-lebihkan fungsinya. Apalagi menjadikan coca-cola sebagai pengganti alat pemadam kebakaran!

Satu botol coca-cola hanya dapat digunakan hingga beberapa detik, dan karena faktor tekanan, jarak penyemprotan dan faktor lainnya, jadi dihimbau hanya pada saat menemui kebakaran skala kecil atau kebakaran awal, kurangnya fasilitas pemadam kebakaran, baru boleh menggunakan coca-cola sebagai tindakan penyelamatan darurat.

Perlu ditekankan, jangan sekali-kali menggunakan coca-cola untuk memadamkan kebakaran dari sumber minyak atau kebakaran yang bersumber dari elektrik. Dalam prasyarat metode yang benar, kebakaran yang dapat dipadamkan/diatasi dengan coca-cola hanya kebakaran kecil seperti dari kayu, batu bara, kapas, wol, linen, kertas dan kebakaran bahan padat lainnya.

Tips memadamkan kebakaran kecil lainnya dalam kehidupan sehari-hari.  

Dalam kehidupan nyata, selain coca-cola, di sekitar kita juga cukup banyak barang-barang kebutuhan sehari-hari, yang apabila anda gunakan secara cerdas, juga bisa secara efektif memadamkan api.

Selimut, handuk. Secara relatif tekstur selimut, handuk cukup tebal. Jika terjadi kebakaran, anda bisa segera membasahinya dengan air. Selimut atau handuk basah bisa secara efektif mengisolasi api dan udara, sehingga dengan demikian berefek memadamkan api.

Tutup panic. Ketika terjadi kobaran api karena tingginya suhu minyak, anda bisa langsung menutup apinya dengan tutup panci. Selain itu juga dapat mencegah tumpahan minyak mendidih.

Tanah liat, pasir. Sekarang banyak orang yang suka berkebun di rumah, sehingga pasti tersedia tanah liat atau pasir. Jika cukup tersedia, anda bisa gunakan bahan-bahan ini dan menutup apinya jika terjadi kebakaran kecil, bahan-bahan ini cukup efektif memadamkan api.

Petugas pemadam kebakaran mengingatkan kobaran api sangat kompleks dan tidak menentu. Tips-tips tersebut diatas hanya dapat digunakan dalam situasi darurat, dan dengan efek yang terbatas. Jika perkiraan keadaan tak terkendali, dihimbau kepada masyarakat agar segera menghubungi polisi dan segera evakuasi untuk menyelamatkan diri. (jhoni/rmat)