Ditemukan Koin Emas Bernilai Besar di Sebuah Piano

344
Koin emas 913 yang ditemukan di piano dipajang di Museum Ludlow di Ludlow, Inggris. (Richard Vernalls / PA via AP)

Koin emas ditemukan di sebuah  sekolah di Inggris. Namun  menurut pejabat Inggris mereka tidak dapat melacak ahli waris yang sah untuk memiliki uang logam emas yang ditemukan tersimpan di dalam piano dan bernilai besar yang bisa “mengubah hidup” itu.

Sekolah pemilik piano dan tuner yang menemukan emas sekarang mengantre untuk memperoleh rejeki nomplok setelah seorang koroner menyelidiki temuan tersebut menyatakannya sebagai harta karun.

Tapi pasangan yang memiliki piano selama tiga dekade sebelum menyumbangnya ke sekolah setempat kemungkinan akan kehilangan kesempatan.

Pemeriksaan John Ellery mengatakan pada Kamis lalu bahwa, meskipun melakukan penyelidikan menyeluruh dan permintaan informasi publik, “Kami sama sekali tidak tahu siapa yang menyembunyikan koin itu.”

Tumpukan itu ditemukan tahun lalu saat piano dikirim untuk disetel di Shropshire, Inggris tengah. Di bawah keyboard, ditumpuk rapi dalam paket dan kantung tempel tangan adalah 913 penguasa emas dan setengah penguasa yang dicetak pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Tuner piano Martin Backhouse mengatakan saat dia menemukan kantong dan celah membuka jahitannya, dia berpikir, “Ooh, sepertinya ada banyak emas di dalamnya.”

Emas yang beratnya 6 kilogram (13 pon), belum dinilai secara formal. Tapi Peter Reavill dari British Museum mengatakan bahwa propertinya layak untuk “berpotensi mengubah hidup”.

Pendapatan dari barang-barang yang dinyatakan “harta karun” umumnya terbagi antara pemilik, dalam hal ini, Bishops Castle Community College dan penemunya. (gelgel/rmat)