Pesawat ini ‘Menyemburkan’ Warna Pelangi

559
Pesawat yang menyemburkan warna pelangi, membuat masyarakat yang menyaksikannya pun terpana (Internet)

Oleh: Chen Gang

Adam Gray, Seorang fotografer Inggris tanpa sengaja memotret serangkaian foto unik berupa pesawat dari pekarangan rumahnya. Tonjolan dari foto-foto unik ini bukan pada bentuk pesawatnya yang mentereng,atraksi pilot yang super handal, tapi pelangi.

Ya! Pelangi, pesawat yang sedang terbang itu diselimuti warna pelangi yang indah.

Saat itu pesawat tersebut sedang bersiap-siap mendarat di Bandara Heathrow, Adam yang tengah berada di kebunnya itu melihat pesawat yang terbang tersebut memancarkan warna pelangi ketika terbang dengan sudut tertentu. (Internet)
Bagaimana prosesnya hingga tampak warna pelangi di belakang pesawat?
Sebenarnya, itu adalah outflow campuran asap yang disemburkan karena kondensasi uap air yang dihasilkan pesawat dan asap mesin selama penerbangannya. (Internet)
Outflow umumnya tidak mencolok mata, tapi kebetulan saat itu didukung sinar matahari yang cerah, sehingga muncul pelangi yang indah setelah refraksi cahaya matahari. (Internet)
Fenomena ini tidak jarang, sebagian besar terjadi pada pesawat ukuran jumbo,namun fenomena ini tidak akan terjadi pada pesawat ukuran kecil. (Internet)

Namun, karena pengaruh ketinggian, sudut pandang dan faktor lain dari pesawat, jarang sekali bisa menyaksikan pemandangan seperti itu secara mata telanjang, dan pesawat yang menyemburkan warna pelangi yang diabadikan Adam Gray itu juga hanya kebetulan.

Kedengarannya keren terbang sambil diiringi pelangi. Mungkin para penumpang di dalam pesawat tidak sadar ada pelangi yang menyertai penerbangan mereka dibelakangnya. Dan pasti mereka merasa sangat bangga melihat foto-foto yang diabadikan Adam Gray ini setelah turun dari pesawat yang mereka tumpangi. (jhoni/rp)