Raksasa Kecil yang Tidak akan Terlupakan Seumur Hidup

209
Foto Liu Baolun dan kliennya (mantan pemain quarterback National Football League Doug Flutie)

Makelar property Liubao Lun lahir dengan perawakan yang relatif kecil, tapi dia telah mencatat rekor yang sangat brilian di sektor real estate. Media Barat menyebutnya “Raksasa kecil yang melepaskan energi yang besar.”

Orang tua Liu Baolun berasal dari Provinsi Guangdong, Tiongkok berimigrasi dan membuka toko kelontong di Mannituoba, Kanada. Mereka sangat mementingkan pendidikan Liubao Lun, sehingga ia meraih Honours Bachelor of Commerce, jurusan akuntansi dan pemasaran.

Di Kanada pada abad terakhir era 1980-an, orang Tionghua dan pria pendek sangat didiskriminasi, kebetulan dua hal tersebut terdapat dalam diri Liu Baolun. Dia mengenang, mengatakan bahwa setelah lulus ia melamar pekerjaan dan melalui ratusan wawancara, tetapi gagal untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi karena harga diri yang kuat dia bersikeras mencapai kemandirian.

Seperti semua orang-orang muda, Liu Baolun ingin sukses dan dihormati. Pada 1982, ia datang ke Calgary, pada saat itu terjadi krisis ekonomi di Alberta, karena munculnya Program Energi Nasional (National Energy Program) yang menyebabkan kekacauan dari industri minyak, pasar real estate juga terdampak, ketika itu banyak broker real estate meninggalkan Alberta. Dan semua ini untuk pendatang baru seperti Liu Baolun yang sama sekali tidak tahu masalah tersebut.

Tetapi seperti pepatah tidak tahu masalah malahan tidak kenal rasa takut, Liu Baolun seperti pada awal mencari pekerjaan, dia dengan tanpa lelah mengetuk pintu rumah per rumah untuk berbicara dengan orang-orang, tetapi Anda bisa membayangkan, pada saat itu tidak ada yang optimis terhadap karir agen real estate, bahkan tidak ada orang yang meresponnya.

Menjadi broker ketiga tertinggi di dunia

Dia setiap hari mengalami kesulitan yang sulit dibayangi orang, ketika memasuki perusahaan real estate yang pertama, ada seorang rekan mengatakan kepadanya, “Postur tubuh seperti Anda ini seharusnya berada di ring gulat atau sirkus, Anda tidak termasuk dalam katagori broker real estate.”

Tapi hasil kerjanya membuat rekan-rekannya segera tutup mulut.

Orang yang tidak ada pengalaman seperti dia di dua bulan pertama telah menjual 10 unit rumah, kinerja tahun pertamanya melonjak di tempat kedua dari seluruh perusahaan. Segera, Liu Baolun pindah ke RE/Max perusahaan real estate paling besar di Kanada, di sana terdapat berbagai orang yang terbaik dari agen real estate di seluruh kota.

Tetapi pada bulan kedua dari kinerjanya dengan cepat menjadi peringkat kedua terbaik dari perusahaan tersebut.

“Saya mencintai pekerjaan ini, dan saya memberikan pelanggan lebih banyak pengetahuan untuk membantu mereka membuat pilihan yang tepat. Dan setiap pelanggan yang puas, akan merekomendasikan kita kepada calon klien baru,” kata Liu Baolun

Menurutnya selain ketekunan yang besar, pengetahuan yang luas juga sangat penting, sehingga pelanggan dapat mengenal Anda, mempercayai Anda .

Karir Liu Baolun meningkat dengan cepat, juga mencapai rekor peringkat ke 3 dalam penjualan seluruh dunia.  Dengan omzet dalam 30 hari menjual 30 properti, 7 hari 7 transaksi, bahkan ada yang dalam satu hari melakukan 7 transaksi.

“Semua ini adalah rekor yang saya capai,” dengan bangga dia berkata.

Ya, satu hari 7 transaksi! Angka ini bagi kebanyakan orang tidak bisa membayangkan, tetapi Liu Baolun berhasil melakukannya.

Karena kinerja yang luar biasa, Liu Baolun menerima banyak penghargaan di dunia real estate, dan selama 16 tahun menjadi anggota Million Dollar Club dari Calgary Real Estate Asosiasi. Anggota club ini yang melambangkan kinerja broker paling top di kota ini.

Ia juga menjadi broker real estate dari para selebriti, termasuk mantan pemilik tim sepak bola Calgary Stampeders dan pemainnya John Forzani. Selain itu, ia juga pernah masuk di program televisi selama satu bulan, adalah benar-benar “broker real estate para selebritis.”

“Karena Anda tidak akan melupakan aku.”

Liu Baolun dengan kepercayaan diri, sikap yang kuat, berhasil dengan kelemahan sendiri menjadi keunggulannya. Kadang-kadang kotak kunci rumah yang akan dijual tergantung di tempat yang terlalu tinggi, dia tidak bisa menjangkaunya dia akan mencari bantuan para tetangga, dalam proses tersebut, dia malahan mendapatkan lebih banyak teman.

Jaringan komunikasi yang besar juga membantu pekerjaan Liu Baolun, pengalaman 35 tahunnya membuatnya berkenalan dengan teman-teman di berbagai bidang industri, termasuk kontraktor besar.

“Saya yakin Anda tidak akan melupakan saya dalam hidup ini, percayakah Anda?”

Dia selalu berkata demikian terhadap pelanggan yang pertama bertemu. Pada kenyataannya, memang sangat sedikit orang akan melupakan dia, banyak orang setelah bertahun-tahun kemudian bertemu dengannya seperti bertemu dengan teman lama.

“Karena Anda tidak akan melupakan saya, jadi saya harus lebih jujur dan kerja keras. Pada saat bersamaan karena saya jujur, lebih banyak orang akan mengingat saya,” katanya.

Kepentingan terbaik untuk pelanggan

Hubungan interpersonal perlu saling percaya, membantu Anda membeli rumah, broker yang menjual rumah juga demikian. Banyak pelanggan pernah mengatakan kepada Liubao Lun, “Kamu adalah broker yang paling dipercaya” dan bahkan membiarkan dia satu-satunya pengambilan keputusan.

Broker Liu Baolun dari Calgary “Million dollar club” real estate

Pada saat ini, beberapa generasi perjuangan orang Tionghua telah diakui oleh masyarakat Barat, tetapi pada saat era diskriminasi, Liu Baolun telah memenangkan rasa hormat dari masyarakat Barat.

Liu Baolun melalui upaya kerja keras terus menerus sehingga mendapatkan reputasi seperti sekarang. Pada saat awal bisnis sedang berkembang, karena harus menjaga integritas bahkan “dipecat” oleh bos yang menurutnya tidak bisa dipercaya, dan kehilangan 250 rumah untuk dijual.

Baolun berkata bahkan banyak pelanggan adalah pelanggan lama yang kembali lagi atau dianjurkan oleh pelanggan. Ketika bertemu dengan setiap pelanggan, dia akan berbicara dengan mereka setidaknya satu jam, melakukan penjajakan mendalam tentang kebutuhan mereka.

“Sebagai contoh, saya akan bertanya kepada mereka, Apakah Anda suka memasak, Anda memiliki beberapa anak, apakah Anda suka rumah yang tamannya di depan rumah atau di belakang rumah, atau malah sama sekali tidak butuh taman karena tidak punya waktu mengurusnya, dan lain sebagainya,” katanya.

Dia mengatakan, mendengarkan pelanggan sehingga ia dapat menyediakan rumah yang efisien untuk mereka.

Sementara itu, Liu Baolun sangat percaya diri terhadap daya tawar diri sendiri. Fasih berbahasa Inggris, kemampuan interpersonal yang baik, dan memahami masyarakat Barat, yang membuatnya mempunyai kemampuan daya tempur penuh. Dia berharap dapat berbuat yang terbaik untuk kepentingan pelanggannya, yang merupakan semangat dari hasil karyanya.

Liu Baolun berkeahlian dalam transaksi penjualan real estat, termasuk real estate komersial, perumahan, rumah susun, tanah dan real estate lainnya, tetapi juga menyediakan manajemen properti dan jasa real estat profesional lainnya.

“Saya tidak hanya memiliki pengalaman yang lama dalam bidang ini, yang lebih penting, saya memiliki banyak pengalaman, telah menangani lebih dari 3000 transaksi bisnis, dan ini bisa benar-benar membantu aset berharga para pelanggan. Orang-orang suka kepada sikap saya dan kualitas kerja saya,” kata Liu Baolun. (erabaru.net/chris/rp)