Apakah botol plastik bekas minuman anda itu dibuang begitu saja? Tahukah anda fungsinya cukup banyak kalau anda sedikit kreatif, mari kita lihat sejenak hasil sulapan dari botol-botol plastik bekas ini.

Pot bunga

Bagaimana baiknya merawat bunga pemberian sahabat anda di rumah?  Cukup siapkan botol plastic bekas.

Siapkan 6 botol plastik dan ikat jadi satu, kemudian rekatkan dengan isolatif.

Tuang air secukupnya ke dalam botol dan masukkan bunganya. Dan hasilnya, Ok banget!

Selain itu anda juga bisa merasakan kenikmatan tersendiri dengan menanamkan bunga ke dalam botol plastic hasil kreativitas anda sendiri-

Jika tanaman hiasnya cukup banyak, anda bisa menyulapnya menjadi pot bunga seperti gambar di bawah ini.

Siapkan benang linen/rami, gunting, lem, kuas, botol plastic.

Siapkan satu botol plastic yang agak besar, kemudian potong salah satu sisinya (seperti gambar bawah), setelah isi dengan tanah dan tanaman, agar pot bunga terlihat lebih menarik, Anda bisa membelit bagian luar botol dengan benang linen/rami.

Nah, pot bunga yang sudah terbentuk rapi akan terlihat seperti gambar di atas, tampak lebih keren daripada pot bunga yang dijual di pingir jalan.~

Seperti inilah pemandangannya jika ditempatkan di luar ruangan-

Botol bekas Shower gel juga bisa disulap menjadi pot bunga yang indah lho!~

Siapkan seutas tali,kemudian rangkai jadi satu,dan hmmm..hasilnya mengesankan, bukan? (Lihat gambar atas)

Sebagai alat untuk menyembur bunga

Ketika menyiram tanaman rumput atau taman bunga, anda bisa pasang satu botol plastik yang sudah dilubangi sebelumnya,dan hasilnya plastic itu pun seketika menjadi semacam sprinkler canggih. (Lihat gambar bawah)

Sebagai tempat untuk menyimpan sikat gigi

Sikat gigi atau odol di rumah biasanya diletakkan dalam satu tempat seperti gayung atau wadah lain semacamnya.  Namun, cara ini sebenarnya tidaklah higienis, rentan mengembangbiakkan bakteri, coba buatlah sebuah alat untuk menyimpan barang-barang semacam itu dari botol plastik bekas, praktis, simple dan jauh lebih higienis. (Lihat gambar bawah)

Tempelkan tutup botol plastik ke dinding juga bisa digunakan untuk menaruh sikat gigi.

Tidak hanya sikat gigi, barang-barang kosmetika di rumah juga bisa disimpan di dalam botol plastik, tapi ingat sebaiknya dipanas-strika sebentar di tempat sayatan botol supaya tidak tertusuk atau menggores kulit tangan.(Lihat gambar bawah)

Untuk menyimpan pakaian ukuran kecil.

Tempatkan secara statik botol plastic ukuran besar ke dinding, setelah itu, coba taruh sebentar pakaian ukuran kecil, praktis dan mudah diambil bukan? (Lihat gambar bawah)

Bagaimana kalau sepatunya terlalu banyak? Siapkan botol ukuran besar,kemudian potong sebagian,maka sepatu anda pun sudah bisa dimasukkan ke dalam,hanya dengan beberapa botol plastik saja sudah bisa menyimpan koleksi sepatu anda. (Lihat gambar bawah)

Lebih menakjubkan lagi kapasitas botol ukuran super besar untuk menyimpan barang-barang kesayangan anda. (Lihat gambar bawah)

Untuk menyimpan ATK

Potong botol plastik bekas kemasan susu, kemudian warnai dan hias sebentar, maka botol bekas susu itupun berubah fungsinya menjadi alat untuk menyimpan ATK-alat tulis kantor.(Lihat ganbar bawah)

Potong botol bekas sampo, dekorasi sebentar dengan hiasan yang menarik, nah! Botol bekas inipun menjadi kotak untuk menyimpan alat tulis kantor– Anak-anak pasti suka. (Lihat gambar bawah)

Untuk menyimpan buku.

Potong kaleng/galon susu ukuran besar, deretkan jadi satu,kemudian tetapkan posisinya dengan paku,maka rak buku yang unik pun sudah menghiasi kamar anda.(Lihat gambar bawah)

Untuk menyimpan makanan ringan.

Penganan mungil yang tak habis dinikmati, bisa anda simpan dan tutup dengan setengah botol plastic, jadi penganan anda akan tetap awet dan tidak mudah rusak. (Lihat gambar bawah)

Makanan ringan semacam permen bisa anda gantung di dinding seperti tampak pada gambar di bawah ini—begitu juga dengan bahan-bahan bangunan seperti paku, sekrup, mur dan semacamnya.(Lihat gambar bawah)

Kumpulkan beberapa botol Coke,ambil bagian bawahnya,kemudian rekatkan jadi,maka jadilah sebuah kotak atau wadah untuk makanan camilan,taruh aneka permen yang berwarna warni, buah-buahan, kacang-kacangan,dan coba taruh di ruang tamu pasti mengesankan tentunya.

Untuk menyimpan barang-barang perhiasan

Potong sedikit ke bawah bagian dudukan dari botol plastic, maka bentuknya pun berubah menjadi kotak perhiasan, bisa buat menaruh anting-anting, gelang, cincin, praktis dan simppel. (Lihat gambar bawah)

Kalau tidak mau didirikan secara tegak, Anda bisa sejajarkan seperti tampak pada gambar di bawah ini, cocok untuk menaruh beberapa barang-barang kecil.

Untuk menaruh benang wol

Yang paling merepotkan kalau benang wol menjadi kusut,coba taruh benang wol itu ke dalam botol, ujung benangnya dijulurkan dari mulut botol, maka tidak akan terjadi lagi lilit melilit dan kusut. (Lihat gambar bawah)

 

Keranjang jinjing

Botol air mineral ukuran besar bisa disulap menjadi kotak penyimpanan yang keren lho—potong dari kepala botol plastik yang telah disiapkan, berikutnya jangan lupa tempelkan selapisan tape agar tidak tergores bekas sayatannya, kemudian bikin lubang kecil di kedua sisinya, dan tambatkan seutas tali, maka jadilah sebuah tas jinjing yang unik. (Lihat gambar bawah)

Sebagai wadah lampu penerang

Siapkan botol plastik besar, kemudian potong dan bagian kepalanya dibuang, lalu lubangi sekitar 3 cm di bagian dasarnya. (lihat gambar bawah)

Masukkan bohlam kecil ke dalam botol plastik, kemudian plugnya (kepala colokan) dimasuk-keluarkan dari dalam lubang,dan agar tampak menawan lapisi bagian luarnya dengan kertas putih.(Lihat langkah-langkahnya seperti tampak pada gambar)

Dan hasilnya seperti yang anda lihat pada gambar di atas, bukankah terlihat menawan.

Selain itu,botol plastik juga bisa disulap menjadi lampu gantung lho, ambil bagian kepala botol plastik, kemudian hiasi dengan warna merah dan hitam,lalu pasang bola lampu yang telah disiapkan,beres. (Lihat gambar)

Supaya tampak menarik,anda bisa membelit kapnya dengan tali rami,dan hasilnya tampak terlihat tidak berbeda dengan lampu yang dipajang di toko.(Lihat gambar bawah)

Memisahkan kuning telur

Botol plastik juga bisa disulap menjadi peralatan dapur yang sangat membantu, ada kalanya kita perlu memisahkan kuning telur saat membuat masakan atau makanan tertentu, bisa saja menggunakan cara-cara biasa, tapi mudah membuat kuning telur pecah. Jadi agar kuning tidak pecah, anda bisa gunakan sebotol plastik untuk menyedotnya, cepat dan praktis.(Lihat gambar bawah)

(jhoni/rmat)

 

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular