Lidah buaya merupakan tanaman obat yang populer dan sudah digunakan selama ribuan tahun. Lidah buaya dikenal untuk mengobati luka kulit, seperti luka bakar, juga memiliki beberapa sifat terapeutik lainnya. Disamping itu ,lidah buaya sekarang juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan lainnya.

Berikut adalah 8 manfaat kesehatan dari lidah buaya yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

Mengandung senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan

Lidah buaya adalah mempunyai daun yang tebal, bertangkai pendek dan mengandung banyak air dalam daunnya. Lidah buaya banyak digunakan dalam industri kosmetik, farmasi dan makanan.

Setiap daun penuh dari jaringan berlendir yang menyimpan air. Jaringan berlendir ini adalah “gel” di kaitkan dengan produk lidah buaya. Gel ini mengandung sebagian besar senyawa bioaktif dalam tanaman, termasuk vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan.

Memiliki antioksidan yang kuat dan antibakteri

Antioksidan penting bagi kesehatan. Gel dari lidah buaya mengandung antioksidan yang kuat, yang dikenal sebagai polifenol.

Polifenol ini, bersama dengan beberapa senyawa lain dalam lidah buaya, dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, yang menyebabkan infeksi pada tubuh manusia .

Mempercepat penyembuhan luka bakar

Lidah buaya ini paling sering digunakan sebagai obat topikal dan pelembab pada kulit daripada dimakan. Selain itu, lidah buaya juga dikenal utuk mengobati luka, khususnya luka bakar, termasuk luka akibat terkena sinar Matahari.

Efektif sebagai obat kumur yang mengurangi plak gigi

Pembusukan gigi dan penyakit gusi merupakan masalah kesehatan yang sangat umum. Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi, dengan mengurangi penumpukan plak (biofilm bakteri) pada gigi Anda.

Penelitian menemukan manfaat yang sama dari lidah buaya sebagai obat kumur, bila digunakan selama periode 15 hingga 30 hari. Jus lidah buaya ini dapat Anda gunakan sebagai obat untuk membunuh bakteri streptococcus yang memproduksi plak dalam mulut, serta ragi candida albicans pada gigi.

Mengobati luka dalam mulut (sariawan)

Sariawan biasanya terbentuk di bawah bibir, di dalam mulut dan dapat berlangsung selama 7-10 hari. Penelitian menunjukkan bahwa, pengobatan lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan yang terjadi dalam mulut.

Penelitian menemukan bahwa gel lidah buaya tidak hanya dapat mempercepat penyembuhan sariawan, juga dapat mengurangi rasa sakit sekitar mulut Anda, yang terjadi akibat timbulnya sariawan.

Mengatasi sembelit

Lidah buaya sering digunakan untuk mengobati sembelit. Kali ini bukan gelnya, tapi lateks, yang memberikan manfaat. Lateks adalah residu kuning lengket ditemukan tepat di bawah kulit daun. Senyawa utama yang bertanggungjawab untuk efek ini disebut aloin, atau barbaloin yang kuat memiliki efek pencahar

Meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan wajah

Ada beberapa bukti penelitian bahwa gel lidah buaya dapat bermanfaat untuk memperlambat penuaan pada kulit. Dalam salah satu penelitian terhadap 30 wanita di atas usia 45 tahun ,diperoleh data bahwa dengan menggunakan gel sebagai masker wajah , dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit selama 90 hari.

Studi lain juga menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi eritema (kemerahan pada kulit), namun juga dapat mencegah kekeringan pada sel-sel kulit wajah Anda.

Menurunkan gula darah pada pasien diabetes

Lidah buaya juga dapat dikonsumsi sebagai obat diabetes secara tradisional. Hal ini karena lidah buaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan memperbaiki sistem metabolisme gula darah dalam tubuh.(Anai/Yant)

Share

Video Popular