Erabaru.net. Dalam bahasa Mandarin, karakter untuk ikan (魚) diucapkan sama seperti karakter untuk berlimpah (餘). Jadi, makan ikan memiliki khasiat materi dan spiritual. Pada hari raya, orang Tiongkok  selalu menyajikan ikan pada meja makan. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka sangat suka makan ikan sebagai lauk makan siang dan makan malam, terutama ikan yang di kukus.Berikut resep ikan kukus yang mudah dimasak dan sangat lezat!

Bahan:

  • 8 Ons ikan fillet (sesuai selera)
  • 1 Jari jahe, iris tipis
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 sdm minyak sayur
  • 3 sdm kecap asin

Cara masak:

  1. Didihkan air di dalam wadah dengan kukusan di atasnya. Taruh ikan fillet di dalam piring, taburkan setengah porsi jahe dan daun bawang di atas ikan, kukus selama 8 menit.
  2. Angkat piring dari kukusan, dan buang air di dalam wadah tersebut. Tambahkan sisa jahe dan daun bawang, serta kecap asin pada piring ikan tersebut.
  3. Panaskan minyak sayur di dalam sebuah wajan; tuangkan minyak sayur yang panas tersebut pada ikan.Sajikan.

Khasiat ikan kukus
Ikan yang dikukus mengandung lebih sedikit kalori dan lebih sedikit lemak dibandingkan dengan ikan yang dimasak dengan mentega. Ikan berlemak di perairan yang dingin seperti makarel, tuna, dan salmon sangat kaya mengandung asam lemak omega-3. Namun, bila dimasak dengan suhu yang sangat tinggi seperti dipanggang, maka akan mengakibatkan kandungan asam lemak omega-3 berkurang. Bila ikan dikukus, maka kandungan asam lemak omega-3 akan tetap sama. Asam lemak omega-3 mengendalikan kadar kolesterol dan berperan penting dalam mencegah serangan jantung dan stroke.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KULINER

Video Popular