Seberkas cahaya misterius tertangkap kamera sedang menari-nari di balik awan di Indiana, Amerika Serikat. Pilar cahaya itu sesekali lenyap kemudian muncul lagi. Dalam beberapa hari, video pendek tersebut telah diklik jutaan kali, apakah itu fenomena alam atau UFO alien yang bersembunyi di balik awan sedang mengintai  manusia?

Pemandangan yang aneh itu terlihat di langit Greenwood, Indiana, AS. Kejadian tersebut direkam oleh seorang pria yang mengaku bernama Quade.

“Ketika itu saya sedang keluar mengendarai sepeda saya dan ada badai mendekat dari depan, saat itu tanpa sengaja saya mendongak melihat ke atas, dan tampak seberkas cahaya yang ganjil menari-nari dari balik awan, lalu saya merekamnya dengan ponsel dan unggah ke Youtube,” kata Quade.

Dari video yang direkam Quade tampak terlihat jelas matahari tertutup oleh awan tebal, tapi di sebelah kirinya tampak seberkas pilar cahaya yang menari-nari, kemudian lenyap lalu muncul lagi, seolah-olah bermain petak umpet.

Banyak netizen yang terkejut melihat video yang direkam Quade. Menurut penuturan Quade, itu adalah video yang direkamnya sendiri, dan rekaman itu asli tidak pernah diedit.

“Ketika itu, juga ada seorang pria yang merekam fenomena serupa dan mengirim videonya pada saya,” kata Quade.

Penampakan berkas cahaya yang bergerak-gerak dari balik awan. (video screenshot)

Ada yang menjelaskan bahwa itu hanyalah fenomena alam yang jarang diperhatikan, lagipula fenomena seperti itu sudah pernah ditemui 300 tahun silam. Namun tak lama setelah video itu dipublikasikan, NASA angkat bicara bahwa cahaya misterius tersebut merupakan fenomena cuaca biasa yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

“Volume petir di awan akan membentuk badai, kemudian berubah menjadi medan listrik karena beban kristal es yang memantulkan sinar matahari. Lalu medan listrik baru dengan cepat, berorientasi membentuk kristal geometris (cahaya tersebut) yang mencerminkan sinar matahari,” jelas NASA dalam laman resminya.

Sementara itu, “Daily Mail.co.uk mengatakan, fenomena itu dikenal sebagai jumping sundog, tapi penyebabnya tidak sepenuhnya diketahui.

Meskipun banyak yang menjelaskannya secara rasional, tapi cukup banyak juga netizen yang percaya bahwa hal itu tidak bisa dijelaskan.

“Itu adalah alien!” komentar mereka.

Tapi benarkah hanya fenomena alam biasa? Silakan anda nilai sendiri. Lihat videonya. (jhoni/rp)

Share

Video Popular