Erabaru.net. Video ini menunjukkan saat warga Korea Selatan untuk memakan buah durian.

Pastinya banyak di antara mereka yang tidak pernah melihat durian mengingat ‘Raja Buah’ ini berasal dari Asia Tenggara.

Sebelum mencoba mencicipi daging buah durian, mereka diminta untuk mencium bau buah unik tersebut.

Tidak dipungkiri ada di antara mereka yang tidak menyukai baunya dan menganggap buah durian memiliki bau yang busuk.

Namun ada juga beberapa individu yang menyukai baunya dengan menyatakan bahwa durian memiliki bau seakan-akan buah mangga.

Mungkin karena mereka tidak biasa dengan raja buah ini, banyak yang terlihat seperti tidak begitu mengagumi rasa dan bau yang kuat dari buah durian.

Selanjutnya, buah yang eksotis dan kontroversial ini juga berlaku aturan di mana ia tidak bisa dibawa masuk ke dalam angkutan umum maupun hotel di beberapa negara Asia karena baunya yang kuat.

Namun, apa yang mereka dan Anda semua tidak tahu, buah ini adalah buah yang memiliki berbagai khasiat dan baik untuk sistem tubuh Anda!

Khasiat Durian # 1: Membantu melancarkan proses pencernaan

Durian memiliki kandungan serat yang tinggi yang berfungsi melancarkan sistem pencernaan makanan dalam tubuh.

Selain memudahkan pergerakan sisa cernaan makanan, serat juga dapat merangsang kontraksi serta relaksasi otot pada saluran makanan yang akan memfasilitasi keseluruhan proses pencernaan.

Justru, masalah seperti perut kembung, mulas, sembelit dan sebagainya dapat diatasi. Kaya dengan kandungan serat, konsumsi durian mampu mengurangi jumlah kolesterol LDL di dalam tubuh sebelu membentuk plak yang akan mempengaruhi sistem kardiovaskular.

Khasiat Durian # 2: Mengurangi tekanan darah

Durian merupakan sumber yang kaya dengan potassium dan mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Dengan adanya potassium, saluran darah akan menjadi lebih ‘tenang’ sehingga mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

Selain itu, durian juga dapat mencegah kondisi-kondisi seperti atherosclerosis, serangan jantung dan juga lumpuh. Bahkan, asupan potassium juga akan meningkatkan kemampuan kognitif dan memori dan mengurangi risiko Alzheimer dan penyakit mental lainnya.

Khasiat Durian # 3: Anti-penuaan

Sesuai dengan gelar Raja Buah, durian memiliki kebaikan antioksidan yang mengurangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh yang dihasilkan dari proses metabolisme tubuh dan juga faktor eksternal seperti asap rokok, sinar ultraviolet, zat kimia dalam makanan dan polutan lain.

Oleh demikian, konsumsi durian akan menghasilkan kemampuan tubuh Anda untuk menyingkirkan jumlah radikal bebas tersebut selain memperlambat gejala penuaan seperti keriput, bintik-bintik, rambut rontok, kanker dan sebagainya.

Khasiat Durian # 4: Mengatasi masalah insomnia

Durian mengandung tryptophan, bahan kimia organik yang membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak. Pengambilan tryptophan akan berubah menjadi serotonin yang mempromosikan perasaan tenang dan senang kepada seseorang.

Kelebihan serotonin kemudian akan mengeluarkan melatonin ke dalam aliran darah yang akan membuat tubuh menjadi lelah. Justru, jika Anda sering mengalami insomnia, ambil beberapa  durian sebelum tidur dan lihat hasilnya!

Khasiat Durian # 5: Meningkatkan kesuburan

Beberapa penelitian untuk menguji kandungan isi durian sebagai aphrodisiac. Keputusannya menunjukkan bahwa durian bisa menghasilkan stamina dan gairah seksual sekaligus mengatasi masalah ketidaksuburan dan meningkatkan jumlah sperma.

Khasiat Durian # 6: Mencegah kanker

Kaya dengan berbagai vitamin, nutrisi dan bahan kimia organik yang berfungsi sebagai anti-oksidan, durian mampu mencegah kanker.

Ketika proses metabolisme sel, akan dihasilkan bahan yang dikenal sebagai radikal bebas di mana ia akan menghancurkan sel-sel DNA dan mengubahnya menjadi sel kanker. Justru, kandungan antioksidan dan vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E dan juga PHYTONUTRIENTS mampu melawan pembentukan sel-sel kanker.

Khasiat Durian # 7: Menjamin kekuatan tulang

Durian merupakan sumber terbaik bagi magnesium, potassium, mangan (manganese) dan juga tembaga (copper). Kesemuanya memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan dan mempertahankan kekuatan tulang.

Selain itu, seluruh isi mineral ini juga berupaya mencegah perkembangan osteoporosis yaitu penyakit terkait kerapuhan tulang!

Khasiat Durian # 8: Mencegah penyakit anemia

Selain memiliki kandungan mineral seperti yang telah dinyatakan, durian juga mengandung jumlah asam folat yang sangat tinggi yang penting dalam produksi sel darah merah.

Ketika sel darah merah menjadi normal, maka gejala anemia seperti migrain, ketidakmampuan kognitif, kecemasan dan sebagainya akan hilang.

Namun begitu, Anda masih harus memantau konsumsi durian di dalam diet harian Anda.

Hal ini karena buah durian mengandung tiga kali lipat kandungan lemak dibandingkan buah-buahan lain.

Meskipun secara umum, itu adalah lemak yang sehat tetapi bagi individu yang mengalami obesitas atau sedang dalam proses mengurangi berat badan, adalah lebih baik untuk berlatih konsumsi buah-buahan lain.

(Sumber: Organic Facts/Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular