Kejujuran mengatasi nafsu keserakahan. Inilah ungkapan yang cocok dihubungkan untuk anak perempuan ini yang telah mengembalikan sebuah tas berisi uang dengan jumlah besar dan emas kepada pemiliknya.

Piyarat Boonkek berusia sembilan tahun dari Phuket, Thailand, menemukan tas tersebut di tepi jalan dan ia sangat terkejut dengan jumlah uang yang begitu banyak. Tas itu ternyata berisi uang sebesar 130.000 baht (Sekitar Rp 50 juta) dan emas seberat 90 gram.

Meskipun berisi uang dan emas, tidak sedikit pun hatinya ingin mencuri barang bukan hak miliknya.

Melansir dari Phuket Gazette, Piyarat pulang ke rumah untuk memberitahu kepada orang tuanya karena dia sendiri tidak tahu caranya untuk mengembalikan tas tersebut.

Uang yang ditemukan (Kritsada Mueanhawong/Phuket Gazette)

Kemudian, orangtua Piyarat telah menemukan pemilik tas itu di kawasan Pantai Kamala. Beruntung mereka bertemu seorang pemilik toko di daerah itu yang juga saudara pemilik tas yang berisi uang ini.

Syukur akhirnya, keluarga Piyarat mengembalikan tas itu di kantor polisi setelah menghubungi pemilik tas tersebut, Puan Nukhlia.

Puan Nukhlia, 55 tahun, mengatakan uang yang banyak itu adalah uang untuk membayar tagihan rumah sakit. Ketika dalam perjalanan, hujan turun dengan lebat dan dia tidak sadar tas itu tercecer dari pegangannya.

Ketika sampai ke rumah baru dia tersadar dan pingsan seketika. Akibat ketakutan, dia terus mencari tas yang bernilai itu di jalan yang dilaluinya sebelum saat ke rumah.

Ketika mendapat panggilan dari keluarga Piyarat, hatinya kembali ceria dan syukur karena uang dan emas itu dapat dikembalikan. Atas rasa terima kasih, Piyarat menerima imbalan dari Puan Nukhlia sebesar 2.000 baht.

Mendapatkan imbalan dari pemiliknya (Kritsada Mueanhawong/Phuket Gazette)

Puan Nukhlia pasti tidak akan melupakan peristiwa pahit ini dan akhirnya dapat juga membayar tagihan rumah sakit. Hikmah yang diambil adalah bersikap jujurlah dalam setiap tindakan Anda karena hasilnya lebih bernilai dari uang dan harta. (Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular