- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Beberapa Aktor Jepang Berpura-pura Menjatuhkan Dompetnya, Respon dari Anak-anak yang Melihatnya Sangat Menyentuh Hati

Sebuah pesan tentang moralitas dari kelompok Palang Merah di Jepang, yang disampaikan lewat perbuatan baik anak-anak usia sekolah, yang tulus, yang membuat orang dewasa berpikir kembali tentang apa itu moralitas.

Dalam klip yang berjudul, “Bisakah Anda Melakukan Hal yang Benar?” anak-anak kecil, baik laki-laki maupun perempuan, diantarkan oleh Ibu mereka ke sebuah halte bus di Yokohama.

[1]
(Foto : Japanese Red Cross Society)

Dalam video tersebut, Ibu mereka menyuruh untuk menunggu sebentar, sementara Ibu mereka pergi, dan selama waktu itulah – ketika anak-anak tidak diawasi secara langsung – mereka dihadapkan pada dilema yang sulit.

Di depan setiap anak satu demi satu, beberapa orang dewasa yang sudah ada di sana “tanpa sengaja” menjatuhkan dompet mereka tepat di depan anak-anak tersebut.

Seorang anak kecil yang mengenakan celana hijau biru memandangi dompet yang jatuh sebentar, dan kemudian memandangi wanita yang menjatuhkan dompet tersebut.

[2]
(Foto : Japanese Red Cross Society)

Seorang gadis kecil dengan jaket berwarna merah muda memandangi dompet yang jatuh ke lantai, sambil menggaruk-garuk kepalanya, tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Seorang gadis lain melangkah ke dekat dompet dan bisa terdengar mengucapkan perkataan, “Anda menjatuhkannya.”

[3]
(Foto : Japanese Red Cross Society)

Seorang anak laki-laki mengumpulkan keberaniannya, dan memungut dompet itu, lalu memberikannya kepada pria di sampingnya sambil berkata, “Permisi.” Ketika pria itu tidak bereaksi, anak laki-laki ini kembali menaruh dompet ke tempat semula.

[4]
(Foto : Japanese Red Cross Society)

Namun di menit 2:16, semua anak-anak itu akhirnya mengembalikan dompet ke pemiliknya, baik dengan berbicara maupun dengan menunjuk ataupun memungut dompet itu sendiri; satu orang gadis kecil bahkan membersihkan dompet itu sebelum memberikan kepada pemiliknya.

RocketNews24 menjelaskan bahwa video ini menunjukkan niat baik anak-anak untuk melakukan hal yang benar; yang mungkin akan malu dilakukan oleh orang dewasa daripada terlibat dalam urusan dengan orang asing; seperti standar yang dikatakan oleh budaya Jepang.

Contohnya, salah satu aspek dari sopan santun adalah tidak ikut campur dengan urusan orang lain, namun seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa ada sedikit perbedaan pada budaya sopan santun tersebut, yaitu antara berusaha berbuat sopan atau, tidak peduli sama sekali sekalipun jelas ada orang lain yang memerlukan bantuan kita.

[5]
(Foto : Japanese Red Cross Society)

Sementara orang dewasa kadang diam saja jika tidak dimintai bantuan, bagaimana dengan anak-anak? Jawaban dari pertanyaan itu  bisa kita lihat di video ini, yang menunjukkan reaksi anak-anak kecil ketika melihat orang asing menjatuhkan dompetnya di sebuah halte bus. Dan apa yang ditampilkan di video ini mungkin bisa mengembalikan rasa saling tolong menolong antara sesama manusia. (inspiremore.com/Julius)