Burung Merak adalah spesies burung yang dikenal memiliki bulu ekor yang sangat indah. Dalam berbagai budaya, merak dijadikan sebagai lambang keindahan dan keanggunan.

Burung ini juga muncul dalam mitologi Tiongkok, yaitu sebagai feng huang (burung phoenix), yang digambarkan sebagai buruk merak dengan tubuh penuh api yang menyala, yang berada di tempat terhormat dengan disandingkan bersama sang Naga (kaisar).

Kenyataannya , bulu ekor yang indah itu hanya dimiliki oleh merak jantan, saat ingin menarik perhatian dari lawan jenisnya. Seekor merak jantan akan membuka bulu indah di ekornya, saat itu barulah keindahan yang sesungguhnya dari sang burung merak terlihat.

Sama seperti spesies lain, kadang-kadang gen resesif dapat muncul, dan menimbulkan  kondisi yang disebut albino (tidak adanya pigmen warna), dan burung merak juga tidak bisa luput dari kondisi ini. Namun hal itu tidak mengurangi “nilai” dari burung yang eksotis ini, seperti yang dikatakan oleh beberapa orang, bahwa merak albino yang berwarna putih, seolah memberi kesan bahwa burung ini juga adalah lambang kesucian.(Julius)

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular