Cukup diaduk merata, yellow cake atau kue telur yang lembut pun bisa anda olah sendiri, praktis dan simple karena tidak perlu oven dan minyak, enak lezat dan bergizi!

Jujube atau yellow cake ini sangat lezat, manis dan lembut. Orang bilang seperti kue tart, terutama setelah dibalik, bagian dasarnya sama seperti kua tart yang baru diangkat dari oven, kuning keemasan tampak indah dan menggoda!

Mungkin tidak semua keluarga memiliki oven, jika memang ingin menikmati yellow cake, anda bisa mencoba membuatnya sendiri sesuai dengan cara berikut ini. Sangat mudah dan simpel, cukup diaduk rata beberapa kali, setelah cukup mengembang kemudian kukus, rasanya lezat dan bergizi, tidak akan membuat panas dalam.

Anda juga bisa sering-sering menyajikannya untuk segenap anggota keluarga, karena disukai anak-anak, tua dan muda.

[Bahan] : 2 butir telur, 150 gram tepung terigu, susu kental manis 20 gram, ragi kering/bubuk 2 gram (merk Fermipan atau tergantung selera), jujube secukupnya (anda bisa menaruhnya sedikit demi sedikit/sesuai selera, tapi aroma telur akan lebih tajam/kental jika tidak dicampur dengan air)

Cara buat

  1. Masukkan telur ke dalam mangkuk, cuci bersih jujube dan cincang, lalu tambahkan susu kental secukupnya. (Bisa pakai susu kental manis, karena itu tidak menambahkan gula pasir lagi).

  1. Tambahkan ragi kering/bubuk, aduk rata bersama dengan jujube yang telah dicincang. Jujube bisa sedikit atau banyak tergantung selera masing-masing.

  1. Tambahkan tepung terigu scukupnya, aduk hingga menjadi adonan yang agak kental. (Tepung terigu bisa sedikit banyak atau sedikit saja, asal tidak terlalu encer).

  1. Siapkan sebuah wadah tahan suhu tinggi/panas, olesi minyak di dalam wadah, tuang adonan, simpan di tempat hangat dan biarkan meragi. (Catatan, olesan minyak/mentega jangan terlalu banyak, cukup olesi secara merata)

  1. Proses fermentasi adonan hingga 2 kali dari semula, taburi jujube secukupnya di permukaan.

  1. Didihkan dengan api besar, kemudian pindah ke api sedang dan kukus sekitar 25 menit, setelah matang cukup dituang-keluarkan dari wadah.

Lihatlah, karena terlalu banyak olesan mentega/minyak, sehingga tampak bekas minyak di sekelilingnya, dan hasilnya (kue jadi/matang) menyebar ke sekeliling wadah saat mengembang, tidak mengembang di atas, jadi tampak tidak sedap dipandang. Karena itu jangan terlalu banyak minyak/mentega saat melumuri sekeliling wadah.

Potong sesuai selera dan siap dinikmati. (jhoni/rp)

Share
Tag: Kategori: KULINER

Video Popular