Kebanyakan wanita menerima bahwa sindrom sebelum menstruasi atau dikenal sebagai PMS adalah fakta hidup. Selain menggunakan pil kontrasepsi, tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala sebelum menstruasi, bukankah begitu? Ini adalah tanggapan yang salah. Ketika sindrom sebelum menstruasi mungkin berbeda antara satu wanita dengan yang lain, ternyata ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala, membantu Anda mengatasi menstruasi yang lebih nyaman.

Kuncinya tergantung pada nutrisi yang secara alami hilang dari tubuh Anda selama masa menstruasi. Berikut ini adalah beberapa vitamin, nutrisi dan mineral yang seharusnya Anda konsumsi sebelum dan selama menstruasi bulanan.

Magnesium

Sebelum masa menstruasi, simpanan magnesium dalam tubuh Anda menurun tajam. Ini dapat membawa perubahan pada suasana hati dan aktivitas otak, karena magnesium membantu mengatur transmisi saraf perasaan baik, serotonin. Magnesium juga penting untuk mempertahankan tingkat nutrisi lainnya, termasuk kalsium dan potassium yang dapat membawa pada masalah tersendiri jika tidak seimbang.

Beberapa sumber magnesium yang bagus termasuk sayuran hijau dan cokelat. Betul, cokelat! Banyak wanita ingin makan cokelat dalam masa menstruasi karena kekurangan magnesium.

Serat

Serat sangat penting untuk membantu pergerakan dalam saluran pencernaan, dan ini terutama sangat membantu dalam masa menstruasi dan sebelum menstruasi. Makan sayur-sayuran berserat dan gandum dapat membantu mengatasi rasa kembung dengan mempromosikan pergerakan saluran pencernaan ketika memberikan nutrisi yang banyak pada tubuh Anda.

Kalsium

Beberapa penelitian menyarankan kalsium mungkin kunci utama untuk mengatasi gejala PMS. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kalsium setiap hari selama tiga bulan merasakan kelelahan dan perubahan suasana hati yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kalsium secara teratur, demikian menurut Everyday Health. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dari sayuran hijau, susu dan keju, dan juga susu kacang almond.

Omega-3

Asam lemak adalah penting untuk kesehatan reproduksi, karena lemak adalah membangun dinding untuk hormon kita. Omega-3 mungkin memainkan peranan penting untuk meningkatkan kesehatan Anda dalam fase sebelum menstruasi.

“Ikan tuna, sardine, salmon, kembung, haring, dan trout air tawar adalah makanan menyehatkan karena mengandung asam lemak Omega-3,” demikian dilaporkan U oleh Kotex. “Omega-3 dapat mencerdaskan pikiran dan memicu produksi serotonin, penambah positif suasana hati (dan kebetulan, kimiawi yang sama dikeluarkan oleh otak ketika makan cokelat).”

Vitamin B6

Beragam vitamin B memainkan peran kunci dalam kesehatan reproduksi wanita, dan vitamin B6 adalah sangat penting dalam masa sebelum Anda mendapatkan menstruasi. Sebuah penelitian diterbitkan oleh BMJ menyatakan bahwa meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, diperkirakan bahwa suplemen Vitamin B6 dapat mengurangi gejala PMS.

“Penelitian menyarankan bahwa dosis Vitamin B6 hingga 100 mg/hari memiliki kecenderungan untuk mengobati gejala PMS dan depresi PMS,” demikian disimpulkan dalam penelitian itu.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B6 dari kacang-kacangan, pisang, unggas, gandum dan alpukat, demikian menurut University of Maryland Medical Center. ( Care2.com /Jsp/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular