Hawaii terdiri atas beragam lansekap yang indah. Jika Anda cukup beruntung bisa ke Pulau Hawaii, maka Anda akan tahu betapa beragamnya alam di sana, bagian Barat adalah lebih kering dan bagian Timur lebih basah dan lebih hijau. Ketinggian pulau ini juga bervariasi, dan Anda bisa merasakan iklim yang berbeda di satu pulau yang sama.

Yang paling menarik tentu saja adalah gunung berapinya.

(Foto: ABC News Screenshot)

Ada lima gunung berapi yang masih aktif di sini. Dan dari kelimanya, saat ini gunung berapi Kilauea adalah yang paling aktif.

Kilauea artinya “memuntahkan” atau “menyebar luas”,  dan seperti yang bisa Anda lihat di video, gunung ini memang sesuai dengan namanya. Gunung berapi ini telah sangat aktif dan sedang terus mengeluarkan lava sejak awal tahun ini.

Pemandangan lava yang meleleh ini sangat menakjubkan! Lava mengalir tepat ke ujung tebing dan turun ke air di lautan. Panas yang ekstrim bertemu dengan air laut yang dingin, kemudian menghasilkan reaksi ledakan uap panas yang terbang ke udara. Walaupun pemandangan ini sangat memikat, pihak keamanan setempat tetap menegaskan supaya orang-orang yang ingin melihat pemandangan ini, tetap berada di tempat, dan pada jarak yang aman.

(Foto: ABC News Screenshot)

Sebagai tambahan dari reaksi ledakan, jumlah uap panas yang tinggi yang terlepas ke armosfer ketika lava ini bertemu dengan air laut,  kemudian menghasilkan pelangi, yang mungkin adalah pelangi paling jelas yang pernah Anda lihat. Ketegasan penampakan pelangi ini seolah muncul dari alam lain. Dan ini adalah salah satu contoh nyata dari keindahan yang bisa Anda nikmati di Hawaii.

(Foto: ABC News Screenshot)

Selain segala yang indah itu, pertemuan lava dengan air laut juga telah menghasilkan reaksi kimia yang harus diperhatikan oleh para penikmat pemandangan ini. Ketika lava dari Gunung Kilauea bertemu dengan air garam dari Samudera Pasifik, ada reaksi yang menciptakan asap tebal dari air laut yang bersifat korosif, mengandung asam hidroklorik dan beberapa partikel dari gunung berapi. Pihak Layanan Taman Nasional Hawai  memperingati para wisatawan bahwa zat itu bisa menyebabkan iritasi mata, kulit dan paru-paru.

Jadi, sekalipun ini sangat bagus, pemandangan merah oranye dari gunung berapi ini, mungkin lebih baik jika dilihat dari video saja, daripada dilihat secara langsung.

Sementara aktivitas Gunung Kilaeua yang pelan tapi pasti ini memberikann pemandangan yang indah untuk dinikmati, penting untuk diingat juga bahwa aktivitas gunung ini adalah sinyal yang menunjukkan perubahan terus menerus yang terjadi di Bumi kita ini.

Sekalipun kita mampu merubah permukaan Bumi supaya sesuai dengan lingkungan hidup manusia. Namun kita hanya bisa diam terkagum ketika Bumi sedang merubah dirinya sendiri.

(Foto: ABC News Screenshot)

Video di atas  penuh dengan banyak hal yang bisa kita nikmati, dan kami tidak akan terkejut jika Anda akan melihatnya berulang-ulang, lagi dan lagi. (shareably.net/Julius)

Share

Video Popular