SRAGEN – Sejumlah laporan media menyebutkan bahwa manusia tertua di dunia Mbah Gotho dari Sragen, Jawa Tengah telah meninggal dunia pada Minggu (30/4/2017). Sebelumnya dia sempat dirawat di RSUD Sragen.

Kabar meninggalnya Mbah Gotho dibenarkan oleh cucunya kepada sejumlah awak media di Jawa Tengah. Sebelumnya, Mbah Gotho sempat dirawat di rumah sakit selama 6 hari. Namun demikian, Mbah Gotho meminta dibawa pulang ke rumah.

Kakek Sodimejo atau Mbah Gotho  lahir pada tanggal 31 Desember 1870, berdasarkan identitas resmi yang dikeluarkan pemerintah setempat. Jika benar memang apa adanya, maka  memecahkan rekor dunia sebagai manusia tertua. Sebelumnya, dia hanya ada satu keinginan yakni meninggal dunia.

Mbah Gotho, demikian ia biasa dipanggil, selama masa hidupnya telah menyaksikan 10 saudara dan saudari semua meninggal dunia. Empat istri dan semua anak-anaknya juga semua telah meninggal.  Ia kini selama masa hidupnya tinggal bersama cucu dan cicitnya.

Dalam KTP tercatat tanggal lahir Mbah Gotho adalah 31 Desember 1870. (Foto NTD)

Sejak 1992 silam, dia bahkan telah mempersiap diri untuk meninggal, saat itu ia menyiapkan peti mati dan kuburan untuk dirinya, tetapi dirinya masih keadaan sehat. Dia mengatakan: “Yang saya inginkan adalah meninggal. Cucu saya semua sudah mandiri.”

Selama masa hayatnya tak ada resep atau rahasia khusus yang menjadikan dirinya masih bertahan hidup selama beberapa dekade. Bersabar merupakan satu-satunya pendirian yang dia pegang hingga terus berumur panjang. “Caranya adalah bersabar,” jawab Mbah Gotho ketika ditanyai rahasia berumur panjang. (asr)

Share

Video Popular