- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Menghabiskan Saktu Sendirian adalah Cara Terbaik untuk Mendapat Istirahat yang Sesungguhnya – Bahkan bagi Seorang Ekstrovert

Bayangkan ini. Ini Sabtu pagi, dan cahaya mentari masuk lewat tingkap jendela. Ada secangkir kopi, sebuah buku, dan sebuah kursi malas. Dan yang terbaik adalah: Anda sendirian, keluarga, teman satu rumah, pasangan, atau siapapun, sedang tidak ada di situ, dan ada tiga jam tanpa gangguan di hadapan Anda.

Suatu istirahat yang sangat baik bukan? Bagi seorang introvert – yang mendapat tenaga dengan menghabiskan waktu sendirian, pasti memilih hal di atas saat ingin beristirahat.

Namu  suatu studi menunjukkan bahwa istirahat yang dilakukan dalam kesendirian adalah istirahat yang terbaik. Dan itu termasuk juga untuk orang-orang yang ekstrovert, dengan tujuan yang sama, yaitu untuk mendapat tenaga baru.

Menurut sebuah survei online, yang dilakukan peneliti, didapatkan hasil bahwa membaca adalah aktivitas yang paling baik untuk beristirahat. Yang kedua adalah berada di alam, ketiga adalah sendirian, keempat adalah mendengarkan musik, dan kelima adalah benar-benar tidak melakukan sesuatu apa pun.

Tim analis merasa terkejut bahwa pilihan-pilihan tertinggi jatuh pada aktivitas yang dilakukan seorang diri. Bahkan bagi seorang ekstrovert-pun, ternyata mereka lebih mendambakan waktu istirahat yang sendirian.

Penelitian ini dilakukan oleh BBC bersama dengan beberapa peneliti dari beberapa universitas, dan dari beberapa disiplin ilmu, termasuk ilmu saraf kognitif dan antropologi, dan melibatkan sebuah survei online yang diikuti oleh 18.000 orang dari 134 negara. Felicity Callard, seorang profesor ilmu pengetahuan sosial, yang mengarahkan penelitian ini mengatakna bahwa bagian kedua dari survei adalah menggunakan skala psikologis untuk menentukan apakah orang ini introvert atau ekstrovert.

Sebuah temuan menarik lain adalah banyak orang yang memandang istirahat dan bekerja sebagai dua hal yang tidak berlawanan, mereka menganggap bahwa kedua hal itu hanyalah dua aktivitas yang berbeda, dan bukan berarti yang satu adalah lawan dari yang lain.( spiritegg.com/Julius)