JAKARTA – Pelaksanaan demonstrasi dalam rangka Hari Buruh Sedunia 1 Mei berlangsung di depan Balai Kota DKI Jakarta dan kawasan Patung Kuda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2017). Demo sejak pagi hari itu bubar setelah hujan deras mengguyur daerah sekitar.

Buruh dalam aksi mereka meminta PP 78 tahun 2015 dihapuskan karena dianggap bertentangan dengan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Sistem outsurcing juga diminta dicabut serta menolak upah murah.

Sebagai bentuk pengamanan Polda Metro Jaya mengerahkan hingga bejumlah 17.000 personil. Sedangkan pengamanan dengan jumlah personil lebih besar dikerahkan pada area wilayah Istana Negara dan sekitar Monas.

Massa buruh saat berada di depan kantor Balai Kota DKI Jakarta sempat membakar karangan bunga untuk Ahok. Karangan bunga untuk Ahok berada di sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan. Namun api yang membakar segera dipadamkan oleh petugas.

Saat ingin melanjut aksi di Depan Istana Negara, massa buruh tertahan di sekitar area kawasan Patung Kuda. Massa berusaha untuk membobol pagar kawat berduri yang dipasang di sekitar kantor Kementerian Pariwisata.

Massa di Patung Kuda yang berhadapan dengan barikade kepolisian sempat membakar bom asap hingga kembang api. Bahkan sejumlah kembang api juga ditembakkan hingga diantaranya mengarah ke kenderaan baracuda serta pohon di sekitar area. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Suyudi Ario Seto melalui pengeras suara memperingatkan kepada buruh agar tak menembakkan kembang api.

Sekitar pukul 16.30 WIB hujan pun mengguyur di sekitar kawasan. Tak hanya hujan, petir pun sempat menggelagar di angkasa. Hingga akhirnya seluruh buruh membubarkan diri setelah menyampaikan orasi dan meneriakkan yel buruh bersama-sama. (asr)

 

Karangan bunga untuk Ahok sempat dibakar di Balai Kota, Jakarta (Foto : Istimewa)
karangan bunga untuk Ahok_Djarot yang terbakar (Istimewa)
Buruh berusaha menerobos kawat berduri yang dipasang aparat keamanan (Erabaru.net)
Saat buruh membakar bom asap dan kembang api diantaranya menyasar ke kenderaan Baracuda Kepolisian (Erabaru.net)

Kepolisian sedang membentuk barikade

Share

Video Popular