Dengan menggunakan ribuan gambar dari NASA, dengan lebih dari 33.000 referensi, seorang pembuat film dari Finlandia membuat sebuah video berdurasi empat menit lebih yang luar biasa, tentang bagaimana rasanya terbang di atas langit Planet Mars. Sang pembuat film ini bahkan menambahkan efek 3 dimensi ketika menyatukan gambar-gambar tersebut menjadi sebuah film.

Di suatu tempat yang sangat jauh lampau

Jutaan tahun lalu – planet merah ini ditutupi oleh lautan yang luas. Kepingan es, danau dan sungai, dan bahkan gunung-gunung berapi menutupi planet tetangga kita itu.

Tiba-tiba ketika Mars kehilangan lapisan atmosfernya, – seperti yang dimilki Bumi – planet yang dulunya mirirp dengan Bumi ini, kemudian berubah menjadi tempat yang tandus dan dipenuhi oleh gunung-gunung, kawah-kawah, dan gunung berapi yang sudah mati, yang hanya menjadi sisa-sisa petunjuk masa lalu dari planet ini.

Untuk mengumpulkan informasi tentang Mars, beberapa pesawat telah dikirim untuk mengambil foto di Mars. NASA telah mengirim sebuah unit yang dinamakan Mars Reconnaissance Orbiter ke Mars sejak tahun 2006, untuk mempelajari Planet Merah ini. MRO telah menangkap ribuan gambar yang membantu kita mengetahui keadaan sekarang serta masa lalu dari si Planet Merah.

Kita tidak pernah benar-benar mendapat kesempatan untuk menyaksikan video yang menakjubkan dari Planet Mars, sampai sekarang ini!

Seorang pembuat film Finlandia telah membuat sebuah film berdurasi 4 menit 32 detik, yang sepenuhnya tersusun dari gambar-gambar planet Mars milik NASA.

Jan Fröjdman memutuskan untuk merubah gambar dari HiRISE, yaitu kamera yang ada pada MRO, dan membuat sebuah video yang menggunakan lebih dari 33.000 gambar – dan melakukan semua tanpa bantuan kecerdasan buatan program komputer. Bakat murni bukan?

Fröjdman mengidentifikasi perbedaan tampilan dari masing-masing anaglyphs—kawah, bukit, gunung – dan menyatukan semuanya pada sisi-sisi gambar yang sesuai. Untuk membuat efek 3 dimensi, dia menyatukan gambar-gambar tertentu pada titik yang sesuai, dan kemudian mengubah semua itu menjadi sebuah gambar bergerak.

Tentu saja Fröjdman mengakui: “Itu adalah proses yang sangat lamban.”

“Ada sangat banyak pemandangan bagus di Mars. Semakin banyak pekerjaan yang saya lakukan, semakin saya mengetahui bahwa planet ini menakjubkan.”

Puzzle alien raksasa

Fröjdman membuat video ajaib yang secara harafiah memang harus dia susun layaknya puzzle ‘alien’ raksasa.

Namun, walaupun ada perangkat lunak yang bisa membantu Fröjdman mencapai tujuannya, penggila luar angkasa ini memilih untuk menyelesaikan karyanya secara manual, dengan memilih sendiri dari 33.000 lebih gambar untuk menyelesaikan videonya. Jika Anda penasaran berapa lama dia menyelesaikan videonya? Dia memerlukan waktu sekitar tiga bulan. Kita bisa bilang, jumlah waktu yang dia habiskan, adalah sebanding dengan hasil yang dicapai. (spiritegg.com/Julius)

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI VIDEO

Video Popular