Erabaru.net. Pengetahuan seorang ahli yang dibutuhkan untuk mengolah tanaman secara efektif, dan untuk mengidentifikasi spesies yang benar, sulit ditemukan di luar Tiongkok.

Dr. Christine Leon, ahli botani medis di Royal Botanic Gardens of Kew, London, telah mempelajari masalah ini selama bertahun-tahun.

Menurutnya, ada banyak spesies fritillary, atau fritillaria (tanaman Eurasia dari keluarga lily, dengan bunga seperti lonceng tergantung), yang dikenal secara botani, dimana di Tiongkok digunakan secara medis. Namun banyak di antaranya digantikan dengan umbi dari jenis fritillaria lainnya yang mungkin kurang efektif, atau mungkin memang sama sekali tidak memiliki efektifitas yang nyata karena permintaan meningkat.

Seperti yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir secara internasional, telah menyebabkan meningkatnya tekanan terutama pada populasi liar fritillaria dan bahkan banyak spesies tanaman obat tiongkok lainnya.

Banyak yang berurusan dengan tanaman obat Tiongkok tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menilai kualitas atau mengidentifikasi spesies tanaman, yang dapat menggunakan penggantinya dengan kualitas rendah tanpa sepengetahuannya.

Bahkan jika spesies tanaman tersebut benar, tanaman juga memiliki tingkat khasiat yang berbeda yang hanya dapat diidentifikasi oleh para penanam yang terampil dan punya pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman obat. (NTDTV/Ran)

Share

Video Popular