Baru-baru ini, berita tentang hacker yang mencoba untuk hack akun Facebook pengguna dengan cara menggunakan akun palsu individu yang dikenal menjadi viral.

Hacker ini akan menciptakan satu akun palsu yang menggunakan foto dan nama teman Facebook Anda dan mengirim permintaan untuk menjadi teman Facebook.

Taktik licik ini dimulai segera setelah Anda menerima permintaan tersebut dan sang individu akan memberikan alasan bahwa dia telah kehilangan nomor teleponnya dan membutuhkan bantuan Anda untuk masuk kembali ke akun Facebooknya.

Seandainya Anda terpedaya dengan trik tersebut dan memberikan nomor telepon Anda, individu ini akan mengirim kode kepada Anda melalui Facebook sebagai cara untuk memungkinkan dia masuk kembali ke akun miliknya. Tapi pada kenyataannya, kode ini sebenarnya memungkinkan hacker untuk terus meretas akun Anda.

Taktik ini telah terjadi kepada salah seorang pengguna Facebook yang dikenal sebagai Kelvyn Yeang ketika dia telah menerima pesanan dari salah seorang teman Facebooknya yang meminta nomor teleponnya.

Setelah memberikan nomor teleponnya, Kelvyn menyadari sesuatu yang tidak masuk akal ketika sang individu meminta empat digit kode tersebut. Ragu-ragu dengan perbuatan ‘temannya’, Kelvyn memutuskan untuk mengkonfirmasi identitas sang individu dengan menanyakan pertanyaan tentang toko miliknya dan nama abang kepada individu.

Menurut Kelvyn, sewaktu dia sedang memverifikasi identitas individu tersebut, dia turut menghubungi abang kepada temannya yang sebenarnya pada waktu yang sama.

“Apa yang terjadi adalah, saya menyadari individu ini bukan teman saya karena bahasa Inggris teman saya adalah lebih baik dari individu itu,” ujar Kelvyn kepada Says.

“Ketika dia tahu aku sedang ragu-ragu dengannya, dia tidak mempedulikan saya. Jadi, saya terus ‘block’ dia.”

Apa yang pasti, bukan Kelvyn hanya korban cobaan hack ini. Sebagian pengguna Facebook lain yang mengungkapkan kegiatan ini kepada pengguna lain melalui status yang diunggah olehnya:

Oleh demikian, untuk menghindari diri Anda dari menjadi korban penipuan ini, Anda harus:

Jangan sesekali berikan nomor telepon Anda tanpa diperiksa

Sembunyikan daftar teman Facebook Anda dari umum

Berhati-hati sebelum menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal. Begitu mereka dapat melihat profil Anda, mereka memiliki akses terhadap setiap hal yang Anda lakukan di Facebook

Lakukan konfirmasi kepada permintaan dari teman atau anggota keluarga yang memiliki dua akun Facebook yang sama

Sebelum menerima permintaan pertemanan dari orang tidak dikenal, pastikan Anda memeriksa dahulu profilnya. Profil yang tidak memiliki informasi kemungkinan besar adalah profil palsu. (Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular