JAKARTA – Pemerintah Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan pesat di bidang industri dan investasi. Meski demikian, pengusaha sering merasakan kurangnya tenaga terampil yang siap pakai, hal ini juga dinilai menjadi penyebab industri Indonesia sulit untuk maju.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia kerap mengemukakan perlunya pengembangan pendidikan dan pelatihan bagi pekerja Indonesia. Bagi Taiwan, hal demikian merupakan bukti saat ini Indonesia sungguh membutuhkan pelatihan vokasi dan teknik. Diharapkan kehadiran Lembaga Pendidikan Keahlian Teknik Formosa membuahkan hasil yang memuaskan.

“Taiwan sudah lama mengembangkan sistem teknik mesin, meningkat SDM berarti meningkatkan produktivitas dan menghematkan waktu, apalagi pesatnya investasi di Indonesia sedangkan Taiwan memiliki pengalaman,” kata Kepala Perwakilan Dagang Taiwan untuk Indonesia (TETO), John C. Chen di Tangerang, Banten, Jumat (5/5/2017).

Hal demikian disampaikan saat sambutan Kelulusan Pendidikan dan Perlatihan Angkatan Pertama Formosa Teknologi Sentral di Jalan Industri Raya II Blok M1-D, Jatiuwung, Tangerang, Banten.  Bersamaan program Taiwan  menerapkan model kerjasama berorientasi perorangan pada bidang industri demi kemenangan bersama pada kebijakan arah Selatan baru.

Menurut John Chen, kerjasama kedua pihak diharapkan membuahkan hasil yang baik. Apalagi kehadiran LPK Formosa dengan dua jurusan yakni Kelas Pengoperasian Mesin Presisi (CNC) serta Kelas Mekatronik dan Control Otomatis (HMIC-PLC) merupakan kelas yang sangat dibutuhkan.

Lebih rinci dia menambahkan diharapkan operator bisa menghasilkan teknologi yang baik dan tinggi. Maka nantinya juga bisa menghasilkan barang yang berkualitas sehingga menjadi alat terbaik dan terpercaya. Menurut dia, kehadiran formosa diiharapkan membantu mendorong pengembangan tenaga terampil dari Indonesia.

Pada kesempatan itu ditegaskan, proses pengembangkan aneka industri di Taiwan, pendidikan dan pelatihan memegangkan peranan yang cukup penting terutama dalam hal peningkatan dan transformasi industri, menyediakan tenaga terampil yang sesuai kebutuhan sebagai langkah meningkatkan produktivitas.

“Ini adalah sesuatu yang dibutuhkan Indonesia dewasa ini, dan poin ini juga yang menjadikan industri Taiwan meningkat dengan pesat dan telah menciptakan keajaiban di bidang ekonomi Taiwan pada masanya,” jelasnya.

Formosa Teknologi Sentral adalah gagasan yang diprakarsai dan dipersiapkan dalam waktu yang cukup lama di Indonesia oleh Kao Ying Chang dan kini sebagai Presiden Direktur LPK Teknik Formosa. Para lulusan tidak hanya merupakan tenaga terampil yang dibutuhkan para pengusaha Indonesia, tetapi turut membantu situasi dan kondisi kekurangkan tenaga terampil yang sangat dirasakan investor Taiwan di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan kerjasama dengan Pemerintah Taichung yang merupakan pusat industri presisi Taiwan dengan Formosa Teknologi Sentral. Langkah demikian dilakukan guna menjadikan Indonesia pusat pendidikan dan perlatihan bagi tenaga terampil industri perkakas dan automotion.

Kerjasama ini diharapkan juga mampu menyediakan tenaga terampil untuk para investor Taiwan yang akan menanamkan modal dan mendirikan pabrik dan usaha di Indonesia. Lebih dari itu diharapkan membantu secara nyata ekspor mesin dan peralatan Taiwan ke Indonesia.

Hadir pada acara kelulusan angkatan pertama ini Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, Kementerian Perindustrian RI, Zakiyudin, General Manager Precision Machinery Reseacrh & Development Center, Lai Yung-Hsiang, President of Council Training Experts Association of Taiwan (TEAT) Chiang Chen-Yi.

Turut hadir Chiang Zhen-Wei selaku Senior Executive of Taichung City Government Economic Development Bureau dan Vice Chief of Smart Marchinery Promotion Office, Presiden Direktur LPK Teknik Formosa Indonesia, Kao Ying Chang dan Kepala Pendidikan LPK Teknik Formosa Indonesia, Yakobus Basa Muli. (asr)

General Manager Precision Machinery Reseacrh & Development Center, Lai Yung-Hsiang (Erabaru.net)
Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, Kementerian Perindusrian RI Zakiyudin (erabaru.net)
Kepala TETO Indonesia Chen Chung (Erabaru.net)
Kerjasama antara LPK Formosa dan Pemerintahan Taichung ditandatangani oleh Presiden Direktur LPK Formosa Kao Ying Chang dan Chiang Zhen-Wei selaku Senior Executive of Taichung City Government Economic Development Bureau (Erabaru.net)

Share

Video Popular