Ketika para pekerja memompa keluar air dari sebuah waduk di Provinsi Jiangxi, Tiongkok Timur. Mereka dikejutkan dengan sebuah penemuan, ternyata ada sebuah patung Buddha besar yang selama ini terendam di dalam waduk.

Sampai sekarang, hanya bagian kepalanya saja yang sudah berada di atas permukaan air, bagian lain dari patung ini, dan diduga ada bangunan reruntuhan kuil, masih terendam di dalam waduk. Penemuan ini telah menarik perhatian banyak orang, baik masyarakat setempat maupun orang dari tempat yang jauh, dan mereka semua memandang hal ini sebagai pertanda keberuntungan.

Menurut para arkeolog, patung ini bisa jadi berasal dari Dinasti Ming (1368-1644),  atau bahkan lebih jauh lagi, sampai ke Dinasti Yuan.

Patung ini sendiri kemungkinan hanyalah bagian ‘puncak dari suatu gunung es’. Para penyelam telah menemukan semacam aula kuil di dasar waduk, dan catatan setempat mengatakan bahwa di masa lalu waduk ini telah membanjiri sebuah kota kuno bernama Xiaoshi.

Xu Changqing, direktur dari Research Institute of Archaeology Provinsi Jiangxi mengatakan, “satu tim arkeolog bawah air sedang menyelidiki baik kota kuno maupun patung ini, dan saat ini mereka juga sedang merencanakan sebuah upaya pelestarian terhadap temuan-temuan tersebut.” (NTDTV/Julius)

Share

Video Popular