Erabaru.net. Kebanyakan dari kita sudah punya kebiasaan tentang apa yang akan kita lakukan setelah bangun tidur, sebuah rutinitas yang tidak jauh dari mandi, sarapan, olahraga, dan sebagainya.

Namun pernahkah Anda pikirkan tentang kebiasaan sebelum tidur Anda?

Anda sudah melakukan berbagai upaya untuk membuat tubuh tetap bugar, mulai olahraga sampai makanan, merubah semua kebiasaan Anda yang kurang sehat, namun tidak juga mendapat hasil yang Anda inginkan.

Hal itu bisa jadi karena kebiasaan sebelum tidur Andalah yang seharusnya dirubah.

Berikut adalah kebiasaan sebelum tidur yang sering dilakukan orang-orang, yang seharusnya dihindari, untuk mendapat kesehatan tubuh yang optimal.

1. tidur terlalu larut

Tidur terlalu larut sangat tidak dianjurkan oleh dokter, pertama adalah sebagai seseorang yang sudah punya rutinitas, tidur seberapa larut pun, besok pagi Anda tetap harus bangun pada kisaran jam yang sama, tidur yang terlalu larut berarti jumlah jam istirahat yang lebih sedikit.

2. Langsung tidur setelah makan malam
Langsung tidur setelah makan malam sangat buruk bagi kesehatan Anda, karena akan memperlambat proses pencernaan makanan di dalam lambung, selain itu juga akan  menghasilkan gas di dalam lambung Anda.

3. Menggunakan gadget saat akan tidur
Di masa sekarang, gadget seolah telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Seringkali orang menggunakan gadget sepanjang hari dan…sepanjang malam.

Semestinya Anda jangan menggunakan gadget saat sebelum tidur karena itu akan menurunkan kualitas tidur, serta mengurangi waktu tidur Anda.

Dokter menyarankan supaya kita tidur di ruangan yang gelap, menggunakan gadget ketika akan tidur, yang artinya menggunakan gadget dalam ruangan dengan cahaya yang minim, bisa juga mengakibatkan mata kita mengalami gangguan.

4. Segelas kopi sebelum tidur
Segelas kopi sebelum tidur sangat tidak dianjurkan, karena kopi akan membuat otak Anda menjadi aktif, dan membuat Anda terjaga, hal itu akan membuat Anda sulit tidur, atau sedikitnya akan menurunkan kualitas tidur Anda.

Disamping itu, kopi juga adalah zat diuretik, yang akan membuat Anda harus sering ke kamar kecil. Tidur dengan beberapa kali terbangun di tengah malam untuk ke kamar kecil, jelas bukan pilihan istirahat yang baik.

5. Makan malam yang banyak
Kebanyakan orang yang memiliki banyak kesibukan di siang hari, akan memperbanyak makan di malam hari.

Itu suatu hal yang sangat tidak dianjurkan, karena dengan begitu, tubuh Anda akan bertambah berat kerjanya saat di malam hari, dan juga, ketika tidur di malam hari, dimana seharusnya waktu itu tubuh Anda beristirahat seoptimal mungkin, tubuh Anda masih saja sibuk mencerna makanan.

Share

Video Popular