Erabaru.net. “Kedua mata kita ternyata dapat berbicara dengan fasih dan akurat, bahkan lebih baik dari kata-kata. Mereka adalah jendela di mana pikiran dapat terbang keluar tanpa disengaja.  Mereka adalah cermin sihir kecil di permukaan kristal, perasaan bermain seperti sinar Matahari di atas aliran yang tenang,” kata Henry Theodore Tuckerman, seorang penulis, eseis dan kritikus Amerika

Kita semua pernah mendengar ungkapan “mata adalah jendela jiwa;” Tapi saya akan menambahkan bahwa mata adalah jendela bagi kesehatan Anda, karena mereka banyak bercerita tentang kondisi fisik Anda.

Berikut daftar tentang 5 kondisi mata, yang dapat membantu mengidentifikasi masalah kesehatan Anda.

1. Pandangan kabur

Jika Anda sering bekerja menggunakan komputer, maka Anda akan merasa bahwa pandangan Anda kabur. Jika pandangan menjadi “keruh” saat Anda melihat layar monitor, ini dikenal sebagai Computer Vision Syndrome (CVS). Lakukan gerakan pemanasan untuk mata untuk menghindari ketidaknyamanan saat menatap layar monitor dan tentu saja, istirahatkan sejenak mata Anda selama beberapa menit.

2. Terçol

Urat mata menyebabkan ketidaknyamanan saat melihat dan bahkan terasa sakit; Biasanya akan muncul tembel pada tepi mata dan akan menghilang dalam beberapa hari. Namun, jika setelah 2-3 bulan tembel Anda belum hilang, ini mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki karsinoma kelenjar sebasea – salah satu bentuk kanker langka pada mata.

3. Pandangan ganda, pandangan lemah atau kehilangan pandangan

Jika Anda menderita kehilangan penghilatan ataupun pandangan ganda ataupun lemah, Anda harus berkonsultasi kepada dokter karena kemungkinan ini merupakan gejala stroke.

4. Mata kekuningan

Penyakit ini juga diketahui sebagai jaundice (penyakit kuning), yang mana mengindikasikan Anda mungkin memiliki masalah dengan liver atau kantung empedu.

5. Rambut alis rontok

Rambut memang dapat rontok karena berbagai alasan, seperti stres atau kekurangan vitamin. Namun jika Anda memiliki alis yang lebih tipis dan sering rontok, ini dapat menjadi sebuah gejala adanya penyakit pada kelenjar tiroid Anda.( perfeito.guru/Julius)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular