Oleh: Mo Li

Biasanya cangkang telur dibuang ke tempat sampah dan hanya mengambil isinya untuk dikonsumsi. Padahal, cangkang telur kaya akan nutrisi, yang bisa dimakan apabila diolah kembali dengan benar.

Dengan demikian, bisa mengurangi limbah dan beban lingkungan. Laman Business Insider menyebutkan, di Amerika saja, industri makanan membuang 150.000 ton kulit telur per tahun, sehingga tanpa disadari menghasilkan limbah dan beban lingkungan.

Daripada dibuang, anda bisa pertimbangkan memakan kulit telur. Selain bermanfaat pada lingkungan, kulit telur juga bernutrisi.

Cangkang telur kaya akan kalsium dan nutrisi lainnya, boleh dimakan.(Fotolia)

Sekitar 95% bahan kulit telur adalah kalsium karbonat. Senyawa ini punya banyak manfaat untuk tulang dan gigi serta bantu cegah osteoporosis. Juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag, gangguan pencernaan karena asam, dan sakit perut. Kulit dari 1 butir telur mengandung sekitar 2 gram kalsium atau 2 kali lipat rekomendasi asupan kalsium harian.

Namun, tidak disarankan langsung mengunyah kulit telur mentah begitu saja, ada cara lebih baik untuk memakannya. Cuci dan rebus kulit telur terlebih dahulu selama beberapa menit untuk membunuh bakteri.

Selanjutnya panggang selama 10 menit-15 menit di dalam oven dengan suhu 200 C. Kemudian, gunakan penggiling kopi atau blender untuk menghancurkannya menjadi bubuk halus. Bubuk halus ini merupakan sumber kalsium terbaik, dapat membantu mencegah senile osteoporosis.

Bubuk kulit telur tidak harus dimakan langsung, anda bisa tambahkan pada smoothies atau jus untuk tambahan asupan kalsium. Atau bisa juga, ditaburkan pada pizza dan pasta.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, terlalu banyak atau terlalu sedikit kalsium juga tidak baik bagi tubuh, jadi saat makan cangkang telur, perhatikan jumlah yang dikonsumsi. Orang dewasa hanya perlu 1 gram asupan kalsium per hari, jumlah ini setara dengan kandungan kalsium dari setengah cangkang telur. (Jhony/rp)

Sumber: Epochtimes

Share

Video Popular