Sekelompok penyelam melewati pengalaman yang sangat menakjubkan ketika menemukan seekor ikan hiu ketika menyelam di sebuah lautan.

Hiu paus merupakan spesies ikan terbesar yang masih ada di dunia. Secara ilmiah, satwa ini dikenal sebagai Rhincodon typus dan dapat mencapai panjang berukuran 12.65 meter dengan perkiraan berat sebanyak 39 ton!

Setelah ikan hiu paus ini berenang ke arah salah seorang penyelam, terlihat ada seutas tali yang tebal tersangkut pada sekeliling tubuh ikan tersebut dan mengganggu gerakan siripnya.

Tanpa membuang waktu, penyelam tersebut terus meraih pisau dan  memotong tali tersebut untuk membebaskannya.

Misi menyelamatkan makhluk laut raksasa ini memakan waktu kurang dari satu menit.

Melihat kondisi permukaan kulit yang sebelumnya ditutupi oleh tali tersebut, kemungkinan tali tersebut telah berada pada badannya untuk satu jangka waktu yang lama. Paling kurang  setahun.

Bayangkan siksaan yang harus ditanggung oleh hiu paus ini selama bertahun lamanya sehingga kulitnya juga terpengaruh dan meninggalkan bekas yang buruk.

Apa yang lebih mengagumkan adalah, hewan raksasa ini tidak langsung menyerang para penyelam yang telah menyelamatkannya dari awal kemunculan mereka.

Sebaliknya, ia sendiri yang datang kepada mereka seolah-olah ingin meminta pertolongan darurat.

Setelah lepas dari cengkeraman tali tersebut, Anda bisa dengar suara yang dihasilkan oleh hiu paus tersebut. Mungkin sebagai tanda terima kasih dan akhirnya ia berlalu pergi.

Keberhasilan membebaskan seekor hiu paus memang sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi penyelam-penyelam ini. Lihat saja bagaimana mereka merayakannya atas peristiwa ini. (Go Happiest/Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular