Erabaru.net.Selain air putih dan kopi, ada satu minuman lagi yang paling sering diminum oleh orang-orang di seluruh dunia, minuman apakah? Yup, betul sekali, teh, banyak orang yang menjadikan minum teh sebagai bagian dari kehidupannya.

Bukan hanya itu, ada banyak kebudayaan di dunia yang membuat ritual tentang minum teh; bentuk dan ukuran teko, cara menyeduh, cara meminum, waktu dan cara memetik daun teh, suhu air yang digunakan, berapa lama boleh diminum setelah diseduh, dan sebagainya. Namun, para peneliti dari Universitas Newcastle, Inggris,  telah menemukan suatu kesimpulan ilmiah yang akan membuat orang merubah cara menyeduh teh mereka.

Kita tahu bahwa teh hitam dan teh hijau adalah sangat menyehatkan. Manfaat yang diberikan oleh teh ini sangat besar, namun para peneliti telah menemukan bahwa kita hanya mendapat 10% manfaat kesehatan dari teh yang kita konsumsi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, cara yang paling baik adalah dengan mengaktifkan komponen-komponen bioaktif di dalam daun teh tersebut (kafein, asam amino dan polifenol), yaitu dengan cara memanaskannya di microwave.

(Foto : Getty)

Jadi para ahli mengatakan bahwa, cara terbaik untuk menyeduh teh adalah dengan menaruh sekantong teh celup di dalam cangkir, isi dengan air, panaskan di microwave selama 30 detik dan biarkan selama satu menit.

Panas pada microwave akan melepaskan bahan-bahan bioaktif di dalam teh, sehingga Anda akan bisa menikmati sampai 80% semua manfaat, dari minuman yang telah terkenal sejak berabad-abad lalu ini.

Beberapa orang mungkin  lebih suka menyeduh teh dengan cara tradisional, namun, apa salahnya mencoba suatu metode yang telah mendapat pembuktian secara ilmiah ini!( perfeito.guru/Julius)

Share

Video Popular