JAKARTA – Sebanyak 40 anak muda dari 25 kota di Indonesia yang mewakili 3.000 anak muda di Indonesia, Rabu (10/5/2017) mendeklarasikan “Anak Muda Untuk FCTC”  pada Aksi Deklarasi 10 Mei FCTC Untuk Indonesia, di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Mereka membacakan tiga butir deklarasi, yakni (1)mendukung Indonesia aksesi FCTC dan menolak RUU Pertembakauan (2)menolak menjadi target industri rokok dan (3)mengajak seluruh anak muda berkolaborasi dan bersinergi untuk mengakhiri hegemoni industri rokok di Indonesia.

Aksi Deklarasi 10 Mei FCTC Untuk Indonesia merupakan puncak kegiatan FCTC Youth Summit, yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat sejak 7 Mei. FCTC Youth Summit, yang digagas Lentera Anak, mempertemukan 40 anak muda terpilih dari 25 kota untuk bersinergi dan berkolaborasi membangun gerakan bersama untuk mendukung Indonesia aksesi FCTC (konvensi kerangka kerja untuk pengendalian tembakau).

Sebelum deklarasi, peserta FCTC Youth Summit menggelar Konferensi FCTC untuk membahas 6 isu utama pengendalian tembakau, dan menghasikan 10 rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah dan masyarakat.

Selain pembacaan Deklarasi “Anak Muda Untuk FCTC”, di arena Aksi Deklarasi 10 Mei juga  digelar galeri foto bertajuk “Aku, FCTC Untuk Indonesia”. Galeri foto menggambarkan rangkuman perjalanan aksi anak muda Indonesia dalam menyuarakan dukungan agar Indonesia aksesi FCTC sejak 2015 hingga saat ini.

Diantaranya galeri foto “Aksi Bersama FCTC Lindungi Anak” yang digagas Lentera Anak bersama berbagai organisasi dan komunitas selama periode Maret-Juli 2015. Aksi ini bertujuan menggalang dukungan masyarakat di media sosial (Medsos) agar Indonesia aksesi FCTC, melalui kampanye dengan hashtag #FCTClindungiAnak, mengajak masyarakat menandatangani Petisi Online #dukungFCTC yang digagas almarhum Robby Indra Wahyuda.

Di akhir kampanye terkumpul 30.000 dukungan melalui petisi online https://www.change.org/dukungfctc dan dukungan ini disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kantor Kementerian Sekretaris Negara.

Ada pula galeri foto “Aksi Kampanye Surat Untuk Presiden” tahun 2016, yakni aksi dukungan masyarakat dalam bentuk surat yang dikumpulkan dari berbagai kota di Indonesia. baik digalang melalui  kampanye online maupun aksi offline yang dimotori Pembaharu Muda di 17 kota di Indonesia.

Hingga Juli 2016 terkumpul 11.022 surat, dimana sebagian surat sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi melalui Menko Puan Maharani pada perayaan Hari Anak Nasional 2016 di Mataram. Dukungan juga disampaikan kepada publik melalui aksi 10 Ribu Pesawat Kertas untuk Presiden di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada 29 Mei 2016.

Selain Galeri Foto, di arena Aksi Deklarasi 10 Mei FCTC Untuk Indonesia juga digelar pementasan Wayang FCTC yang menampilkan 6 karakter FCTC Warrior untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya sinergi dan kolaborasi. FCTC Warrior adalah representasi dari prajurit muda yang ingin mengakhiri hegemoni industri rokok dan menyelamatkan Indonesia emas tahun 2045.

Ketua Lentera Anak, Lisda Sundari, menegaskan kesadaran kolektif anak muda Indonesia untuk mendukung aksesi FCTC sudah terbangun. Sejak 2015, Lentera Anak sudah bekerja dengan sejumlah anak muda membangun kesadaran kritis terhadap industri rokok dan komitmen mendukung Indonesia aksesi FCTC.

Diantaranya dengan Gerakan Muda FCTC dan Pembaharu Muda. “Ouput dari kegiatan FCTC Youth Summit adalah memperluas dukungan tersebut.  Semakin banyak dukungan anak muda dari seluruh Indonesia, akan semakin banyak amunisi untuk mendorong pemerintah Indonesia mengaksesi FCTC,” tegas Lisda.

Juru bicara Gerakan Muda FCTC, Margianta Surahman mengamini pendapat Lisda mengatakan Indonesia saat ini sudah darurat rokok. Sebanyak 30% anak Indonesia merokok sebelum usia 10 tahun dan 75% anak muda mulai merokok sebelum usia 19 tahun, Indonesia hanya satu-satunya dari 7 negara di dunia yang belum aksesi FCTC.
Padahal Indonesia adalah Negara yang turut menginisiasi lahirnya FCTC dan aktif dalam pembahasannya sejak tahun 1999.

Jaleswari Pramodharwardani, Deputi 5 Kepala Staf Presiden, yang hadir di arena aksi dan menerima naskah deklarasi, menegaskan rasa bangganya kepada anak muda yang menyuarakan dukungan bagi Indonesia aksesi FCTC.

“Deklarasi ini akan saya sampaikan kepada Kepala Kantor Staf Kepresidenan (Teten Masduki) untuk kemudian disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Teruslah berjuang. Karena perjuangan yang kalian suarakan akan berbuah hasil yang baik pada akhirnya nanti,” ujar Jaleswari. (asr)

Share

Video Popular