Erabaru.net. Moon Jae-in resmi dinyatakan memenangkan Pemilu Presiden Korea Selatan setelah mengalahkan dua lawannya pada Selasa lalu.

Dua lawan utama Moon Jae-in, yaitu seorang dari partai konservatif, Hong Joon-pyo dan seorang dari partai sentris, Ahn Cheol-soo mengakui kekalahan mereka dalam pilpres periode ini, membuka jalan bagi Moon Jae-in untuk menjabat sebagai Presiden baru Korea Selatan setelah gejolak politik Korsel selama dua bulan yang disebabkan oleh tergulingnya rezim Presiden Park Geun-hye akibat skandal korupsi.

Kemenangan Moon sendiri menandakan berakhirnya satu dekade pemerintahan konservatif di Korea Selatan, dan beralih kembali dengan menetapkan peraturan liberal.

Selain itu, Moon diharapkan dapat mengembalikan stabilitas politik Korea Selatan pasca kasus Park Geun-hye, serta membuat kebijakan baru dalam menghadapi isu senjata nuklir Korea Utara.

Hasil pemilu ini sesuai dengan hasil prediksi yang didapat dari jajak pendapat yang sebelumnya juga memperkirakan Moon akan keluar sebagai pemenang. Jajak pendapat dilakukan dari 89.000 pemilih di 330 tempat pemungutan suara, yang diselenggarakan oleh tiga stasiun televisi utama Korea Selatan, menunjukkan bahwa Moon menerima 41,4 persen suara.

Dua lawan Moon juga yakin, bahwa Moon-lah yang akan dinyatakan sebagai pemenang pilpres tahun ini. (jul/rp)

Share

Video Popular