Erabaru.net. Senator AS akhirnya menyetujui calon Gubernur Iowa Terry Branstad untuk menjadi duta besar AS untuk Tiongkok, sebuah langkah yang menjadi pilihan Presiden Donald Trump untuk menyerahkan jabatan kunci diplomatik kepada Branstad.

Anggota Komite Hubungan Luar Negeri menyetujui Branstad melalui pemungutan suara. Senator Ben Cardin dari Maryland, dari Partai Demokrat, menggambarkan Branstad telah “memenuhi syarat” untuk merealisasikan kebijakan pemerintahan Trump yang ingin Tiongkok berperan lebih agresif untuk meredakan program senjata nuklir Korea Utara.

Branstad berjanji untuk memantau Beijing dari berbagai topik, termasuk hak asasi manusia dan perdagangan.

Branstad mengutarakan rencananya kepada Senator AS untuk memanfaatkan hubungannya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang telah terjalin selama puluhan tahun demi memajukan kepentingan AS dan internasional.

Keduanya bertemu pada 1985 ketika Xi, yang kala itu menjabat sebagai gubernur, memimpin delegasi perdagangan pertanian ke Iowa.

 

Gubernur Iowa Terry Branstad saat menghadiri pertemuan AS dengan gubernur-gubernur Tiongkok serta Presiden Xi Jinping, untuk mendiskusikan technologi ramah lingkungan dan pertumbuhan ekonomi pada 22 September 2015 di Seattle, Washington. (Matt Mills McKnight-Pool/Getty Images)

Branstad mengatakan bahwa tindakan Korea Utara untuk mengembangkan senjata pemusnah masal merupakan “ancaman bagi semua umat manusia.”

Dia menambahkan, peristiwa yang terjadi baru-baru ini seperti uji coba rudal oleh Pyongyang, harus mendorong Tiongkok untuk lebih serius memandang tindakan ancaman tersebut.

Selain itu, dia memperingatkan Tiongkok terkait masalah pengungsi Korea Utara yang dapat membanjiri China jika krisis di Semenanjung Korea terus meningkat.

Branstad yang kini memasuki usia 70, telah menjabat sebagai gubernur selama enam kali berturut-turut. Dia bertugas mulai 1983 sampai 1999. Branstad sempat keluar dari dunia politik dan pemerintahan AS, namun dia memutuskan untuk mencalonkan kembali dan berhasil terpilih pada tahun 2010.

Dengan pengalaman lebih dari 22 tahun memimpin pemerintahan Iowa, Branstad adalah gubernur terlama di negara bagian tersebut. (jul/rp)

Share

Video Popular