Para pengendara mobil, baik pengemudi maupun penumpang dari berbagai belahan dunia dapat belajar dari kisah di bawah ini, yaitu Anda tak boleh membuka pintu mobil dengan tangan yang sejajar dengan posisi Anda duduk, terutama saat Anda berada di bangku pengemudi.

Hampir sebagian pengemudi mobil di dunia menggunakan tangan terdekat dengan pembuka pintu saat membuka pintu pengemudi, karena tangan itu terletak paling dekat dengan pintu, dan dirasa lebih praktis.

Sekitar 150.000 orang terluka setiap tahun karena kecelakaan pintu mobil. Bagian tubuh yang kerap terluka adalah tangan. Kecelakaan kecil memang dapat terjadi kapan saja, termasuk saat pengemudi atau penumpang hendak membuka pintu mobil bersamaan dengan lewatnya kendaraan lain. Namun demikian, hal yang paling fatal saat membuka pintu mobil adalah ketika pintu mobil mengenai pengendara sepeda.

Apalagi, sebagian masyarakat di beberapa negara gemar menggunakan sepeda kemanapun dan kapanpun mereka pergi. Jenis tabrakan ini lebih umum terjadi di Belanda. Banyak pengendara sepeda bahkan terjatuh akbat pengendara mobil yang membuka pintunya secara tiba – tiba. Berdasarkan data, 20% dari seluruh kecelakaan sepeda disebabkan jenis kecelakaan ini.

(Foto: Jorge Salcedo / Shutterstock)

Sebenarnya kecelakaan ini dapat terjadi karena kesalahan para pengendara sepeda yang sering mengayuh ke luar  jalur sepeda dengan cepat. Jika ada pintu mobil terbuka secara tiba – tiba di depannya, ini bisa menimbulkan masalah. Pengendara mobil pun tidak menyadari kehadiran pengendara sepeda dan tidak bisa menghindari tabrakan saat membuka pintu. Akibatnya, sekitar 24 pengendara sepeda meninggal dunia, dan banyak kasus serupa yang belum dilaporkan ke pihak berwajib.

(Foto : Shutterstock)

Jika Anda menggunakan tangan yang berlawanan dengan sisi Anda duduk untuk membuka pintu, mungkin dirasa sedikit lebih repot, tapi dengan begini Anda akan perlu sedikit memutar tubuh Anda, dan kesempatan Anda lebih besar untuk melihat sisi mobil. Misalnya jika Anda duduk di sebelah kanan, bukalah pintu dengan tangan kiri, badan Anda akan sedikit ikut memutar ke kanan, dan akan ada kesempatan lebih banyak untuk melihat jalanan di sisi kanan mobil Anda. Coba Anda praktekan, dan lihat apakah ada kendaraan yang mendekati kendaraan Anda.( perfeito.guru/Intan)

Share

Video Popular