Media Korea Selatan melaporkan, bahwa Presiden baru Korsel, Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump  telah berbicara melalui telepon pada hari Rabu (10/5/2017). Kedua belah pihak mencapai konsensus tentang pertemuan puncak yang akan diadakan secepatnya.

Salah satu surat kabar utama Korea Selata “the Chosun Ilbo” mengatakan, Trump telah mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Korea Selatan Moon Jae-in melalui telepon pada malam 10 Mei 2017.

Presiden Trump mengundang Moon Jae-in mengunjungi Amerika Serikat, dan Moon Jae-in mengatakan, “Akan segera mengirim delegasi berkunjung ke Washington.”

Kesepakatan itu mengemuka saat keduanya melakukan pembicaraan melalui telepon pada Rabu (10/5/2017), ungkap Gedung Biru, kantor kepresidenan Korea Selatan.

Moon Jae-in mengatakan akan secepatnya berkunjung ke Washington untuk mengadakan pembicaraan dengan Trump, dan akan mengirim delegasi khusus mengunjungi Amerika Serikat untuk membuka jalan terkait pertemuan puncak tersebut.

Moon Jae-in mengucapkan terima kasih sehubungan dengan itu, mengatakan sangat senang bisa bekerja sama dengan Trump untuk stabilitas dan kemakmuran antara kedua negara, dan menekankan akan terus memperkuat aliansi antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Moon Jae-in mengatakan bahwa dalam situasi yang tidak pasti di sekitar Semenanjung Korea, aliansi Korea Selatan – AS jauh lebih penting daripada sebelumnya.

“Saya akan melakukan apapun untuk membantu menyelesaikan perdamaian di Semenanjung Korea,” kata Moon saat berbicara di Majelis Nasional.

Trump mengatakan bahwa aliansi Korea Selatan-AS bukan hanya hubungan persahabatan, tetapi “hubungan aliansi yang hebat.”  Mskipun isu nuklir Korea Utara itu sulit, tetapi bukan berarti tidak dapat diatasi, sangat berharap Moon Jae-in mengunjungi Amerika Serikat untuk mengadakan pertemuan puncak secepatnya.

Selain itu, pertemuan puncak kedua negara juga sepakat untuk mempertahankan hubungan yang erat, bertukar pandangan secepatnya tentang isu-isu yang menjadi perhatian bersama.  (CNA/Jhon/asr)

 

Share

Video Popular