Seorang siswa dari Banda Aceh, Indonesia, Naufal Rizki berhasil menemukan penyebab listrik dari pohon buah kedondong.

Dia berusia 15 tahun mendapat fokus dunia karena kecerdikannya. National Geographic Indonesia turut menyiarkan tayangan khusus tentang penemuan dari Naufal Rizki.

Kepada para pembaca, kisah ini sebenarnya sudah heboh pada 2016 silam. Dalam satu wawancara, ide ini tercetus setelah mendapat tahu listrik dapat dihasilkan melalui buah asam.

Ketika belajar subjek Ilmu Pengetahuan Alam disekolahnya di Kota Langsa, Aceh. Ia telah melakukan eksperimen beberapa kali dengan dana Rp 14 Juta.

Selain belajar di sekolah, Naufal turut berterima kasih kepada ayahnya yang banyak menurunkan ilmu kepadanya.

Ayahnya adalah seorang tukang listrik, ke mana tumpahnya kuah kalau tidak ke nasi, bukan?

Percobaan pertamanya gagal karena ketika itu ia mencoba menghasilkan listrik dari buah mangga. Tidak berhenti di situ, dia terus mencari alternatif lain dan mencoba buah kedondong.

Kebanyakan eksperimen yang gagal berasal dari pohon buah kedondong yang tidak sesuai dan tidak memiliki jumlah tegangan yang tinggi.

Akhirnya, eksperimen yang pertama kali berhasil ketika ia mencobanya persisnya buah kedondong yang berada dekat dengan rumahnya.

Menurut Naufal, ia memilih pohon buah kedondong disebabkan oleh buah kedondong memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan batang pohon lebih kokoh.

Perusahaan Pertamina, perusahaan perusahaan gas bumi telah mengundangnya dalam satu pameran sains untuk menunjukkan penemuan beliau. Mereka juga telah membantu Naufal untuk mencapai impiannya membantu penduduk desa.

Hasil penemuan menakjubkan sekitar 60 buah rumah di kawasan kampungnya mendapat manfaat listrik hasil eksperimen yang dilakukan oleh Naufal.

Perusahaan Pertamina, perusahaan perusahaan gas bumi telah mengundangnya dalam satu pameran sains untuk menunjukkan penemuan beliau. Mereka juga telah membantu Naufal untuk mencapai impiannya membantu penduduk desa.

Hasil penemuan menakjubkan ini menghasilkan 60 buah rumah dikawasan kampungnya mendapat manfaat listrik hasil eksperimen yang dilakukan oleh Naufal.

Bagi merealisasikan impian ini, Naufal menggunakan beberapa bahan seperti tembaga, kapasitor, batang besi, dan paling utama pohon buah kedondong.

Selamat Naufal. (Erabaru.com.my/asr)

Share

Video Popular