Amerika Serikat, Jumat (12/5/2017) menyatakan kekecewaannya terhadap Tiongkok yang mengundang Korea Utara menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi One Belt One Road.

Reuters melaporkan, AS memperingatkan Tiongkok, bahwa undangan ke Korea Utara mungkin akan mempengaruhi kehadiran negara lain dalam konferensi infrastruktur terbesar di dunia yang diselenggarakan 14-15 Mei 2017 di Beijing, Tiongkok.

Laporan tersebut mengutip pernyataan mantan dua pejabat yang tidak disebutkan namanya, Kedutaan Besar AS di Beijing telah menyampaikan sebuah catatan kepada Kementerian Luar Negeri Tiongkok, menyatakan bahwa undangan kepada Korea Utara adalah sebuah pesan yang salah dari Tiongkok disaat masyarakat internasional memberikan tekanan dan meminta Korea Utara untuk meninggalkan senjata nuklirnya.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Selasa, (9/5/2017) lalu mengumumkan, delegasi Korea Utara akan mengambil bagian dalam KTT multilateral yang diadakan di Beijing. Hal ini menujukkan bahwa Tiongkok tidak ingin seperti Amerika Serikat yang sepenuhnya mengisolasi rezim di Pyongyang

Sejauh ini, 29 kepala negara dan pemerintahan akan menghadiri Forum One belt, One road yang akan diselenggarakan pada Mei 2017. Oleh Tiongkok, “One Belt, One Road” ini dianggap sebagai strategi top yang akan mengubah pola dunia.

Dalam forum tersebut, 29 pemimpin dunia akan mengambil bagian termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan lainnya. Namun sebagian besar pemimpin dari wilayah Eropa termasuk Inggris dan Prancis, serta AS akan absen. (Jhony/asr)

Share

Video Popular