[Erabaru.net] Amy dan Mike Howard terlihat gembira, saat mereka ketambahan 3 orang yang akan menjadi anggota baru keluarga mereka. Namun, ketiga bayi mereka justru membuat sejarah baru dalam dunia kedokteran.

Hunter, Jackson, dan Kaden, kembar tiga yang dilahirkan dengan craniosynostosis: cacat lahir langka dimana terjadi penutupan sambungan tulang  yang terlalu dini.

Setelah 11 minggu trio ini dilahirkan, mereka harus menjalani operasi untuk memperbaiki kondisi mereka. “Kami sangat ketakutan ketika merelakan mereka untuk menjalani operasi di usia dini. Namun kami tahu hal itu harus dilakukan, demi keselamatan mereka di masa depan,” kata sang ibu, Amy Horward.

(Foto : Stony Brook Medicine)

Kembar tiga ini lahir Oktober lalu, dimana Hunter dan Jackson adalah anak kembar, sedangkan Kaden berbeda dari mereka secara fisik. Beberapa hari setelah kelahiran mereka, para dokter menyadari bahwa tengkorak mereka tidak normal, kepala Kaden, memiliki bentuk segitiga dan dahinya terlalu menonjol.

(Foto : Stony Brook Medicine)

Menurut dokter, penyakit ini biasanya menyerang 1 dari 2.500 bayi. Para dokter yang merawat bayi kembar tiga ini mengatakan bahwa mereka belum pernah menemukan kasus dimana ketiga bayi mungil ini terlahir dengan membawa penyakit langka yang sama. Ini tentu menjadi kasus yang sangat langka dalam dunia kedokteran masa kini.

(Foto : Stony Brook Medicine)

Ketiga operasi tersebut berhasil dilakukan selama dua hari di bulan Januari. Beberapa hari kemudian, mereka dapat kembali ke rumah setelah dokter memastikan kondisi ketiga bayi tersebut membaik pasca operasi. Selama sembilan bulan ke depan, bayi-bayi ini harus memakai helm khusus selama 23 jam sehari untuk membuat tengkorak mereka normal.(perfecto.guru/Intan)

Share

Video Popular