Oleh: Ren Hao

Sejumlah mumi yang ditemukan di distrik el-Gabal Touna di provinsi Minya, Mesir tengah ini tampak terbaring dalam katakombe (ruangan atau jalan di bawah tanah yang biasanya digunakan untuk keperluan religius).

Mesir mengumumkan telah menemukan mumi dalam skala besar yang pernah ditemukan hingga saat ini di sebuah makam bawah tanah di daerah Touna el-Gabal provinsi Minya, total mumi yang ditemukan setidaknya ada 17 mumi, dan sebagian besar masih terawat utuh.

Kementerian Barang Antik Mesir, Sabtu (13/5/2017) mengumumkan, setidaknya 17 mumi utuh ditemukan di situs kuburan kuno yang terletak di Provinsi Minya, 200 km di selatan Kairo.

Makam di bawah tanah tersebut terletak di daerah Touna el-Gabal, provinsi Minya, tapi, bukan makam keluarga kerajaan, dan untuk sementara belum diketahui usia mumi tersebut.

Kuburan itu terletak 8 meter di bawah tanah provinsi Minya. Dalam kuburan tersebut terdapat sarkofagus yang terbuat dari batu kapur dan tanah liat, peti mati hewan, dan papirus bertuliskan bahasa demotik.

Kementerian Barang Antik Mesir mengatakan, temuan situs itu sangat aneh, awalnya hanya ditemukan sumur terkubur, tapi setelah digali lebih lanjut, arkeolog menemukan beberapa koridor di bawah tanah, dimana pada masing-masing koridor terdapat beberapa mumi, sehingga identitasnya layak ditelusuri.

Itu adalah tempat pemakaman manusia yang ditemukan di Mesir tengah untuk pertama kalinya, namun, jumlah mumi dalam katakombe itu membuat arkeolog terperangah.

“Penemuan ini masih permulaan,” ujar Kementerian Barang Antik Mesir, Khaled el-Enany. Penemuan tersebut dapat membantu sektor pariwisata, tambahnya.

Mesir berharap penemuan baru-baru ini akan mencerahkan citranya di luar negeri dan menghidupkan kembali minat wisatawan yang dahulu memfavoritkan kuil dan piramida Firaun sebagai tujuan wisatanya. Namun tempat tersebut sekarang mengalami penurunan sejak pemberontakan politik pada 2011.

“2017 telah menjadi tahun bersejarah bagi penemuan arkeologi, seolah-olah itu adalah pesan dari nenek moyang kita yang membantu kita untuk menarik wisatawan kembali,” kata el-Enany. (Jhony /rmat)

Sumber: NTD.TV

Share

Video Popular