[Erabaru.net] Bayi ini terlahir dengan jantung  setengah bagian, dia secara ajaib berhasil selamat dari operasi jantung saat baru menginjak usia 4 hari. Setelah berhasil melewati operasi menyeramkan tersebut, bayi ini pun telah melewati tantangan pertama dalam hidupnya.

Reggie Aslin dari Leeds, Inggris terlahir dengan penyakit langka bernama Sindroma Hipoplastik Jantung Kiri (SHJK), dimana struktur jantung sebelah kiri tidak berkembang, yang membuat katup yang menghubungkan antara serambi dan bilik jantung kiri menyempit, sehingga jantung  tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Reggie memiliki kualitas hidup yang wajar di tengah kondisi seperti ini, dia diharuskan melakukan operasi jantung terbuka beberapa hari setelah kelahiran untuk ‘melatih kembali’ jantungnya, agar dapat memompa darah dengan lebih efisien. Namun, meski bayi mungil ini selamat dari operasi yang berisiko, ia tetap divonis dokter hanya mampu bertahan hingga masa remaja saja.

Lee (35) dan Michelle Alsin (34), orang tua sang bayi  telah melakukan segala cara untuk dapat memiliki bayi selama 6 tahun terakhir, merasa sangat sedih saat mengetahui kondisi jantung bayi mereka sejak 20 minggu masa kehamilan. Mereka diberitahu oleh dokter bahwa kemungkinan anak mereka dapat bertahan hidup tidak lebih dari 50%. Meski demikian, kedua orang tua tersebut memutuskan untuk tidak melakukan aborsi.

Reggie lahir melalui operasi caesar pada tanggal 1 September tahun lalu dengan berat 4,42 kilogram. Kemudian saat dia berusia 4 hari, Reggie kecil harus menjalani operasi jantung tahap pertama dari prosedur ‘Norwood’ sebanyak tiga langkah, dengan tujuan supaya jantung kanannya dapat  melakukan tugas jantung kiri. Prosedur ‘Rewrites’, membuat bilik jantung kanan agar dapat memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh, sementara darah segar dialirkan langsung ke paru-paru.

Namun, hanya sekitar 60% dari total pasien dengan kondisi serupa yang berhasil selamat dari ketiga tahap prosedur, dari operasi jantung tersebut.

(Foto : Facebook | Reggie’s half a heart journey HLHS)

Meskipun operasi berlangsung selama 9 jam dan meninggalkan bekas luka yang sangat besar di bagian depan dadanya, Reggie secara ajaib dapat bertahan hidup  dan melewati tahap 3 langkah prosedur operasi jantung yang paling mengerikan bagi bayi seusianya..

(Foto : Facebook | Reggie’s half a heart journey HLHS)

“Operasi jantung tahap pertama ini adalah operasi yang paling berbahaya dari jenis operasi jantung lain, karena membutuhkan proses panjang dan rumit, jadi itu adalah rintangan terbesar bagi pasien,” kata seorang dokter yang turut mengoperasi jantung Reggie.

(Foto : Facebook | Reggie’s half a heart journey HLHS)

Dia menambahkan, “Karena dia (Reggie) berhasil melewatinya, kami percaya bahwa pasien dengan penyakit serupa di seluruh dunia juga mampu  melewati operasinya. Reggie sendiri telah mengalami banyak tantangan  dalam usianya yang baru menginjak 4 hari daripada yang saya alami selama 35 tahun. Dia jelas seorang pejuang kecil yang tangguh.”

(Foto : Facebook | Reggie’s half a heart journey HLHS)

Kebahagiaan keluarga Aslin bertambah saat Reggie kecil diizinkan pulang ke rumah setelah menghabiskan 6 minggu pertama hidupnya di Rumah Sakit Leeds Royal. Ibu dan ayahnya tetap menemani sang anak selama menjalani pengobatan. Terlebih lagi, mereka bisa membawa pulang Reggie untuk merayakan Natal pertama mereka di rumah, bersama anak perempuannya yang berusia 13 tahun bernama Katelyn.

“Ini sangat berarti bagi kami untuk merawat dia di sini. Kami juga tidak peduli  berapa waktu yang akan kami lewati bersama dia, apakah itu dua bulan, satu tahun, 10 tahun atau lebih, kami akan sangat senang dan mensyukuri waktu yang akan kami habiskan bersama,” kata Michelle.

(Foto : Facebook | Reggie’s half a heart journey HLHS)

Mereka juga berjanji akan merawat Reggie sebaik mungkin. “Kami akan memberinya cinta dan kenangan sebanyak yang kami bisa. Dia akan memiliki kehidupan terbaik yang pernah dia punya,” imbuhnya.

(Foto : Facebook | Reggie’s half a heart journey HLHS)

“Kami berharap bahwa dalam 19 atau 20 tahun ke depan, dia dapat menghadapi tantangan hidup layaknya seorang pejuang yang bertahan hidup ketika masih berumur 4 hari. Namun, jika dia tidak ingin berjuang kembali, itu adalah pilihannya,” jelas Michelle saat memberi tanggapan terkait pengobatan yang harus dijalani Reggie di masa depan.

Kini, keluarganya akan memikirkan masa depan bayinya, berharap akan ada inovasi baru dalam bidang kedokteran, yang memungkinkan Reggie untuk hidup melebihi harapan hidupnya yang terbatas.

Jika kita melihat saudara, kerabat atau orang lain yang menjalani hidupnya yang suram, kita harus tetap memberikan harapan positif dan cinta serta kasih sayang terhadap orang-orang yang kita cintai. Bahkan jika hanya ada sedikit harapan, kita harus terus memberikan mereka harapan dan semangat. Bayangkan jika semua spekulasi negatif itu salah! Bayangkan orang yang kita cintai berhasil dalam melewati tantangan hidup walaupun kemungkinannya sangat kecil! Hal-hal seperti itu sering terjadi, dan itu membuat kita tahu agar lebih bijak untuk berpikir dengan hati dan perasaan, bukan dengan kepala kita.(NTDTV/Intan)

Share

Video Popular