Gajah Cilik Ini Kehilangan Keluarga, Hidup Sebatang Kara Kini Mendapatkan Keluarga Baru

260

Sebuah badan Non-Profit, The Nairobi Nursery, Kenya, mengambil inisiatif untuk menjaga gajah cilik yang kehilangan induk mereka.

Jadi, berbagai langkah telah dilakukan oleh pihak Nairobi untuk mengembalikan semangat anak gajah ini supaya dapat hidup secara normal.

Pada tahap awal, pihak penyelanggara menyediakan satu tempat yang nyaman dan aman sehingga perasaan takut dan trauma dapat dipulihkan lembut.

Langkah ini juga memakan waktu karena kebanyakan anak gajah bertarung dengan perasaan sedih dan trauma yang dihadapi.
Hewan juga punya perasaan dan ketika keluarga mereka hilang segera, kesedihan dan kesengsaraan menguasai diri gajah-gajah ini.

Peternakan dan perawatan anak gajah merupakan satu tugas yang rumit.

Lembaga ini juga menyediakan susu formula yang cocok untuk anak gajah. Hal ini demikian, anak gajah membutuhkan nutrisi yang baik bagi pertumbuhannya.

Para penjaga anak gajah harus bersikap seperti “keluarga gajah” untuk membentuk hubungan yang baik dan mengawasi anak-anak gajah selama 24 jam.

Mereka juga harus menemani anak-anak gajah tidur sehingga mereka tidak merasa kesepian dan takut ketika waktu malam.

Proses ini adalah seolah-olah mengambil anak gajah sebagai anak angkat.

Ketika mereka semakin membesar, anak gajah akan mulai dipindahkan ke keluarga yang baru. Anak-anak gajah akan diberi kesempatan untuk berinteraksi dan berkasih sayang dengan keluarga yang baru.

Uniknya, keluarga baru tersebut selalu menerima anak gajah itu bahkan bukan berasal dari darah dagingnya. Anak gajah ini akan menjadi anak angkat kepada keluarga yang baru.

Mereka akan hidup bersama bahkan keluarga angkat ini selalu menyambut kedatangan anak gajah yang baru.

Kasih sayang yang ditunjukkan oleh anak gajah sangat berbeda dengan manusia. Dalam kalangan kita, ada beberapa manusia yang sanggup membuang bayinya dengan penuh kekejaman.

Tapi, lihatlah si gajah. Anak yang kehilangan keluarga diterima, disambut, dan dijaga oleh keluarga angkat dengan penuh kasih sayang.

Dalam video ini menunjukkan salah seekor anak gajah yang kehilangan ibu dan adik beradiknya akibat dari kerakusan manusia.

Semoga menjadi inspirasi buat kita semua. (Erabaru.com.my/asr)