“Jiang Zemin Akan Tinggal di Balik Jeruji Besi”

63
Ilustrasi (NTDTV)

Laporan Li Yun /NTDTV

Erabaru.net – Hampir setahun ini, kabar tentang ditahannya Jiang Zemin selalu berdengung. Menurut opini publik, nasib atas ditahannya Jiang Zemin dipastikan berakhir di penjara Qingcheng, kecuali meninggal lebih awal.

Media di Tiongkok mengatakan, bahwa saat ini, penjaga penjara Qincheng sedang merekrut petugas penjara atau sipir secara besar-besaran. Sementara para netter mengatakan perekrutan itu mungkin persiapan untuk hunian Jiang Zemin.

Seperti yang diketahui, penjara Qincheng dikenal sebagai “penjara pertama Tiongkok”, karena sebagai tempat penahanan para tokoh elite Partai Komunis Tiongkok. Penjara ini oleh kalangan luar lokasi ini dijuluki sebagai “penjara paling misterius,” karena tidak sama dengan penjara lainnya di seantero Tiongkok.

Sebelumnya, penjahat perang Kuomintang pernah ditahan di penjara ini, begitu juga dengan Jiang Qing, Yao Wenyuan dan sebagainya juga pernah ditahan disini.

Sekarang, Penjara Qincheng juga telah menjadi “hunian akhir” para pejabat korup PKT.  Sejak kongres ke-18, otoritas Xi Jinping menyuarakan anti-korupsi dengan lantang.

Sejauh ini total lebih dari 200 pejabat tingkat provinsi dan menteri telah dijatuhi sanksi, sebagian besar ditahan di penjara Qincheng, atau pernah menjalani hukumannya di penjara ini.

Misalnya, pejabat dari kelompok Jiang yang telah dipenjara yakni Mantan Ketua Komite Politik dan Hukum PKT Zhou Yongkang, mantan sekretaris PKT di kota Chonqing, mantan kepala polisi Chongqing Wang Lijun, mantan wakil ketua komisi militer pusat Guo Boxiong,  mantan kepala kantor umum komite sentral PKT dan direktur jenderal kantor PKT Ling Jihua,  mantan sekretaris partai Kota Shanghai Chen Liangyu, yang saat ini ditahan di penjara Qincheng.

Menurut spekulasi kalangan luar, bahwa Jiang Zemin dan kroninya yakni mantan Wakil Presiden PKT Zeng Qinghong, Li Changchun dan yang saat ini sebagai sebagai anggota Komite Tetap Politbiro, Zhang Dejiang, Zhang Gaoli, Liu Yunshan dan kroni lainnya, akhirnya juga akan berakhir di Penjara Qincheng.

Luo Yu, putra dari mendiang Jenderal PKT Luo Ruiqing yang pernah mengungkapkan Jiang Zemin, Zeng Qinghong telah berada di bawah tahanan rumah itu. Luo Yu mengatakan, bahwa setelah pertimbangan yang panjang, saat ini Xi Jinping telah memiliki skema terkait penanganan masalah Jiang Zemin dan Zeng Qinghong.  Luo Yu memperkirakan bahwa tidak akan butuh waktu lama lagi hasilnya sudah bisa diketahui.  (Jhon/asr)