Anak bebek : Gambar ini sebenarnya memang sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda melihat gambar anak bebek pertama kali, Anda termasuk orang yang detail, lebih tenang, dan lebih fokus terhadap suatu hal yang sedang Anda kerjakan.

Beruang : Melihat gambar binatang ini pertama kali, berarti Anda terlahir dengan bakat seorang pemimpin yang memiliki kepribadian yang kuat

Anak anjing : Jika Anda melihat gambar anak anjing, menandakan Anda seseorang yang baik dan suka mendidik.

Ini bekerja untuk mengidentifikasi ciri kepribadian dominan Anda karena akal bawah sadar Anda berperan dalam menentukan hewan mana yang Anda lihat terlebih dahulu. Ini adalah contoh pemikiran konvergen.

Psikologi masa kini  mendefinisikan pemikiran konvergen sebagai kemampuan otak Anda untuk membatasi pilihan yang dapat dipikirkannya secara alami.

Pemikiran konvergen bergantung pada naluri dan preferensi, menentukan hal pertama yang Anda lihat dan terasa paling alami bagi Anda.

Ini mencerminkan keyakinan dan keinginan batin Anda.

Cara Berpikir

Latihan ini juga bisa mengungkap tentang cara berpikir Anda lebih banyak lagi.

Dalam buku psikologi yang ditulis seorang profesor Robert Stemberg berjudul “Thinking Styles”, berbicara tentang fakta bahwa cara pemikiran setiap orang itu berbeda-beda, dan semua itu mempengaruhi bagaimana mereka belajar, bekerja, dan berinteraksi dengan orang lain.

Seberapa cepat Anda mengidentifikasi hewan lain dan apakah Anda dapat melihat semuanya dalam waktu singkat, dapat membantu mengidentifikasi gaya berpikir dan ketangkasan mental Anda.

Jika disimpulkan, gambar hewan yang pertama Anda lihat menggambarkan karakteristik Anda, sedangkan cara Anda berfokus pada gambar tersebut berkaitan dengan cara Anda berpikir.

– Menemukan burung dan kepiting secara bersamaan membutuhkan pemikiran yang fokus.

– Jika Anda dapat menemukan keduanya dengan cepat, otak Anda memproses informasi dengan sangat cepat, dan lebih mudah bagi Anda untuk mengenali koneksi dan pola dari gambar hewan tersebut.

– Melihat kuda itu lebih sulit. Saat Anda dapat menemukannya, hal itu menunjukkan kemampuan untuk bertahan dan melihat sesuatu lebih dalam. Mereka yang melihat gambar kuda adalah orang yang mudah berpikir secara intuitif dan mendalam.

– Menemukan gambar lumba-lumba membutuhkan tipe pemikiran yang berbeda. Untuk melihatnya Anda hampir harus mengendurkan mata. Ini menunjukkan pemikiran kreatif dan ekspresif Anda yang sering dikaitkan dengan otak kanan, sehingga bisa dikatakan otak kanan Anda bekerja dengan sangat baik.

– Melihat gambar beruang membutuhkan seseorang dengan kemampuan untuk melihat gambar dengan teliti dan tidak terjebak dengan detail gambar lainnya.

Jadi bagaimana jika Anda bisa menemukan ketujuh hewan itu?

Semakin banyak hewan yang Anda temukan, semakin besar kemampuan Anda untuk berpikir secara divergen daripada konvergen.

Kedengarannya rumit, tapi pemikiran divergen hanya proses menemukan lebih banyak pilihan. Jika Anda menemukan empat atau lebih binatang pada gambar itu, Anda sudah bisa masuk ke dalam kategori pemikir divergen.

Studi menunjukkan bahwa pemikiran kreatif dan berbeda memberi banyak manfaat. Pemikir divergen  belajar lebih mudah dan memecahkan masalah dengan lebih kreatif. (sparkofgoodness.com/Intan/rp)

Share

Video Popular