Misteri Kilatan Cahaya Misterius di Bumi Hanya Terlihat di Ruang Angkasa

320

Erabaru.net. Ada kilatan cahaya di bumi, tapi hanya dapat dilihat dari ruang angkasa, dari mana asalnya?

Terkait berkas cahaya misterius ini, National Aeronautics and Space Administration (NASA) telah melakukan studi khusus selama setahun, tapi belum menemukan jawaban yang jelas.

Sejak Juni 2015 – 2016, The Deep Space Climate Observatory- DSCOVR dari National Oceanic and Atmospheric Administration-NOAA Amerika Serikat berhasil mencatat 866 berkas cahaya di ruang angkasa yang berjarak jutaan kilometer di luar Bumi, ungkap NASA, Senin (15/5/2017).

Awalnya, para peneliti berpendapat bahwa berkas-berkas cahaya tersebut mungkin sinar matahari yang dipantulkan dari permukaan air. Namun, berkas cahaya itu terlalu besar, jadi mustahil itu adalah cahaya yang dipantulkan dari danau atau semacamnya yang mengandung air.

Para ilmuwan menggunakan instrumen merekam kilatan cahaya di ruang angkasa. (NASA Video screenshot)

Alexander Marshak, ilmuwan di proyek Deep Space Climate Observatory dari Goddard Space Flight Center, NASA, mengatakan, “Sumber kilatan cahaya itu dipastikan bukan berasal dari permukaan bumi. Itu benar-benar es dan kemungkinan besar terpantul oleh partikel dari arah horizontal.”

Dari mana sebenarnya kilatan cahaya (titik kuning pada gambar atas) itu, hingga kini belum bisa dipecahkan oleh para ilmuwan. (NASA Video screenshot)

Penelitian terkait dipublikasikan di jurnal Geophysical Research Letters edisi terbaru.  Namun, para peneliti tidak dapat menjelaskan mengapa hanya cahaya pantulan dari kristal es yang terhimpun di ketinggian atmosfer itu begitu kuat dan terang, sehingga dapat diamati di ruang angkasa.

Sebenarnya, kilatan cahaya itu telah diamati oleh astronom terkemuka Carl sagan sejak 1993. Ketika itu, Sagan dan ilmuwan lain mengatakan di jurnal “Nature”, bahwa kilatan cahaya itu berasal dari suatu wilayah di laut.

Tapi belakangan para ilmuwan menegaskan bahwa pendangan astronom Sagan dan rekannya itu salah, sebenarnya kilatan cahaya yang aneh tersebut bukan berasal dari laut, tapi dari permumukaan bumi.

Bagaimanapun, sumber dari kilatan cahaya itu selalu menjadi teka-teki yang sulit diungkapkan para ilmuwan selama lebih dari dua dekade terakhir ini.  (Li Yuan/ Jhony/rp)

Sumber: Epochtimes